close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

MANAJEMEN KARIR PNS, HARAPAN UNTUK PROFESIONALISME APARATUR

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-1674
Jum'at, 22 Jul 2016

Kamis, (21/7) Karir merupakan sebuah jenjang yang mesti dan ingin ditempuh semua pegawai termasuk Pegawai Negeri Sipil. Untuk memberikan pengetahuan dan semangat dalam meningkatkan kinerja dan kompetensi mengenai pola karir Pegawai Sipil Negara maka BKP2D Provinsi Riau mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Pengembangan Karir Pengawai Negeri Sipil. Kegiatan ini dibuka pagi ini (21/7) di Aula UPT Diklat BKP2D Provinsi Riau oleh Kepala BKP2D Provinsi Riau, Drs. Asrizal, MPd didampingi Kepala UPT Assessment dan Pembinaan Rohani Pegawa, Drs. Raja Agustiarman serta Kepala Sub Direktorat Jabatan ASN Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia, Bapak Tatang Suratman, S.Pd, MSi yang menjadi narasumber tunggal bimtek ini.

Dalam sambutannya Kepala BKP2D menyampaikan bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dibutuhkan 5 kriteria aparatur yakni profesional, berintegritas, bebas intervensi, bebas KKN serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Banyak asumsi negatif yang berkembang dimasyarakat akibat perilaku sebagian PNS itu sendiri. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Riau melalui BKP2D terus berusaha mencapai kriteria yang diharapkan tersebut yang diawali dengan melakukan penataan jabatan dan penempatan PNS sesuai dengan jabatan dan kompetensinya. Adanya manajemen karir diharapkan mendorong pembinaan pola karir PNS secara jelas. PNS diharapkan dapat menyusun langkah-langkah karir agar mencapai jabatan puncak yang diinginkannya.

Kepala BKP2D mengakui banyak pekerjaan rumah yang masih harus dilakukan dalam rangka penataan PNS kedepan, salah satunya adalah assessment untuk Pejabat Administrasi dan Pengawas. Assessment ini dilakukan untuk menempatkan pejabat tersebut sesuai dengan kompetensi jabatannya. Meskipun disampaikannya juga bahwa hal ini dalam beberapa hal masih diintervensi secara politis, yang akan tentunya berpengaruh terhadap penataan itu sendiri.

Sebelum menutup sambutannya, beliau berpesan agar semua peserta mengikuti bimtek ini secara sungguh-sungguh sampai penutupan yang rencananya akan dilakukan besok siang. Semoga dengan manajemen karir PNS yang jelas dan terarah dapat mendorong terwujudnya aparatur yang profesional dan berintegritas tinggi. (rhn)

Image title

Image title

Image title

Image title

Image title

Image title

Image title