close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Pemprov Riau Publikasikan Logo Hari Jadi Ke-59 Provinsi Riau

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-1784
Senin, 08 Agu 2016

Pekanbaru- (03/08/16) Bersempena dengan hari ulang tahun (HUT) ke-59 Provinsi Riau, Pemprov Riau berupaya meningkatkan pelayanan publik berbasis teknologi.

Hal itu terlihat dari tema yang digagas oleh Pemprov Riau yakni "Kita Tingkatkan Kinerja Pemerintahan Daerah terhadap pelayanan publik melalui penerapan sistem pemerintahan berbasis teknologi" serta logo HUT ke-59 Provinsi Riau yang dipublikasikan bertuliskan 59 Tahun Riau Go IT.

"Kita angkat tema ini untuk sekaligus mengintegrasikan e-Government yang sudah diluncurkan oleh Pemprov Riau sejak 2015 lalu," ungkap Wakil Ketua Pelaksana HUT ke-59 Riau, Ahmad Syah Harrofie, Rabu (3/8/2016) di Kantor Gubernur Riau.

Ia pun menjelaskan, e-Office yang telah dimiliki Pemprov Riau memuat e-Budgeting, e-Asset, e-Planning, e-Absen, Monev, dan SIMPEG. Dimana, melalui e-Office instruksi pimpinan yang tengah berada di luar daerah bisa dikirim dan dapat ditindaklanjuti dengan cepat.

Bukan cuma praktis dan cepat, kata Ahmad Syah, segala hal yang diakses melalui e-Office juga bisa dicetak print out-nya sebagai barang bukti. Sementara manfaatnya dalam pelayanan publik, masyarakat bisa mendapatkan kemudahan dengan mengakses website-website yang dimiliki Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

"Kita sudah siap untuk memaksimalkan sistem pelayanan publik dan pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi. Dengan adanya grand launching e-Government ini, di harapkan dapat memacu SKPD lain yang belum memulai Go IT," kata Asisten I Setdaprov Riau ini dengan matang.

Ditempat terpisah Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Provinsi Riau, Asrizal menjelaskan dibidang kepegawaian BKP2D juga tengah menyiapkan Sistem Manajemen Aparatur Responsif dan Terpadu (SMART), sistem ini dibuat untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada Aparatur Sipil Negara.

"Kita sudah merancang Sistem Manajemen Aparatur Responsif dan Terpadu (SMART), nantinya dengan sistem ini seluruh data pegawai, urusan kepegawaian (penerimaan CPNS, kenaikan pangkat, pensiun, mutasi pegawai, dll) dapat dilakukan secara online. Dengan sistem ini diharapkan seluruh pelayanan kepegawaian dapat dikelola dengan baik, mudah dan cepat, mudah-mudahan dalam waktu dekat dapat kita aplikasikan" ujarnya. (dho/inka)