close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Tema HUT Riau Sejalan Dengan Kebijakan Nasional Terutama Dibidang Kepegawaian

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-1785
Senin, 08 Agu 2016

Pekanbaru - (04/08/16) Langkah Pemerintah Provinsi Riau untuk mengusung tema "Kita Tingkatkan Kinerja Pemerintahan Daerah terhadap Pelayanan Publik Melalui Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Teknologi” pada Hari Jadi Ke-59 Provinsi Riau sejalan dengan kebijakan nasional terutama dibidang kepegawaian. Sebagaimana dikutip dari www.bkn.go.id, Kepala BKN Bima Haria Wibisana menyampaikan bahwa banyak hal yg dapat dilakukan dengan pemanfaatan IT salah satunya dapat memangkas bisnis proses didalam pelaksanaan pekerjaan dan memberikan pelayanan yg baik pada masyarakat.

Pemanfaatan CAT BKN pada proses rekruitmen CPNS merupakan salah satu contoh pemanfaatan IT dan hingga saat ini tidak ada pengaduan, bahkan masyarakat puas dan percaya dengan sistem ini. Hal ini menandakan selain sebagai suatu sistem informasi juga sekaligus dapat sebagai suatu alat akuntabilitas. “Dan saat ini, pelaksanaan reformasi birokrasi ditekankan pada percepatan implementasi e-goverment diseluruh aspek kegiatan pemerintahan,” tandas Kepala BKN.

Dalam hal pengawasan dan pengendalian kepegawaian, Bima berharap teknologi informasi (IT) yang berkembang pesat saat ini dapat dimanfaatkan sebagai early warning system sehingga proses pengawasan bisa dilakukan lebih cepat dan setiap saat. Kemajuan – kemajuan yang telah dicapai dengan pemanfaatan IT tidak boleh berhenti, tetap terus dikembangkan dan semangat terus digelorakan. Bima menjelaskan bahwa BKN juga telah dan terus melakukan pemanfaatan IT untuk berbagai hal seperti pengaduan secara elektronik, advokasi secara elektronik, pelaksanaan Penyesuaian Ijazah, Tes Kompetensi Bidang (TKB) secara elektronik dan berbagai pemanfaatan lainnya.

Sejalan dengan itu sebagaimana diberitakan sebelumnya Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Provinsi Riau, Asrizal menjelaskan dibidang kepegawaian BKP2D juga tengah menyiapkan Sistem Manajemen Aparatur Responsif dan Terpadu (SMART) guna peningkatan efisiensi, kenyamanan serta aksesabilitas yang lebih baik dibidang kepegawaian.

"SMART Kepegawaian ini merupakan implementasi E-Government dalam pelayanan BKP2D dibidang kepegawaian secara transparan dan objektif, nantinya dengan sistem ini seluruh data pegawai, urusan kepegawaian (perencanaan pegawai, rekruitmen dan seleksi, pendidikan dan latihan, penempatan pegawai, mutasi dan promosi, gaji dan kesejahteraan, pensiun pegawai, penilaian kerja pegawai, cuti pegawai, kenaikan pangkat pegawai) dapat dilakukan secara online. Dengan sistem ini diharapkan seluruh pelayanan kepegawaian dapat dikelola dengan baik, mudah dan cepat, mudah-mudahan dalam waktu dekat dapat kita aplikasikan" ujarnya. (dho/inka).