close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Diskanlut Riau Gelar Lomba Masak Serba Ikan Se-Provinsi Riau Tahun 2016

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-1953
Senin, 05 Sep 2016

Pekanbaru (1 September 2016), Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau bersama forum peningkatan konsumsi ikan (FORIKAN) kembali menggelar lomba masak serba ikan se-provinsi riau, bertempat di halaman dinas perikanan dan kelautan provinsi Riau Jalan Pattimura No 6. Perlombaan ini diikuti oleh 12 Kabupaten / Kota se- Provinsi Riau.

Perlombaan ini diselenggarakan sebagai bentuk sosialisasi pemerintah dalam mensosialisasikan arti penting makan ikan sehingga diharapkan pengembangan potensi daerah dan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud melalui masyarakat yang cerdas. Dalam Sambutannya, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau, Ir. Tien Mastina, M.Si menuturkan bahwa "Acara ini dimaksudkan untuk mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan sehingga akan menciptakan generasi yang akan datang menjadi lebih cerdas dan inovatif dalam menghasilkan karya yang dapat memajukan kesejahteraan masyarakat". Acara ini mengangkat tema yaitu " Melalui Lomba Masak Serba Ikan Kita Dukung Kedaulatan Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan yang Berkelanjutan Untuk Kesejahteraan dan Kecerdasan Masyarakat ".

Dalam ajang perlombaan ini, seluruh menu yang diperlombakan berbahan yang ikan Tuna, Cakalang dan Tongkol, dimana ada 3 menu utama yang harus ditampilkan oleh peserta yaitu menu keluarga, menu kudapan (cemilan), menu balita. Untuk kategori menu keluarga yang menjadi pemenang 1 yaitu kabupaten Siak dengan perolehan nilai dari dewan juri 72,81, sedang untuk kategori menu yang lain yaitu menu kudapan dan menu balita diborong oleh kota Dumai dengan perolehan nilai 707 dan 705 yang mengantarkan kota Dumai sebagai juara umum lomba masak serba ikan se-provinsi Riau untuk tahun ini. 

Dalam acara tersebut juga dihadiri langsung oleh Ketua Forikan Provinsi Riau, Hj. Sisilita Arsyadjuliandi, Staf ahli Gubernur Riau Bidang pembangunan yang dalam hal ini mewakili Gubernur Riau, H. Arsyadjuliandi Rachman, dan dari pihak akedemisi, Rektor UNRI Prof. Aras Mulyadi DEA, yang juga mantan kepala dinas perikanan dan kelautan Provinsi Riau.