close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

BKP2D RIAU LUNCURKAN SMART UNTUK LAYANAN KEPEGAWAIAN

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2184
Selasa, 18 Okt 2016

Pekanbaru, 11-10-2016 - E-Government biasa dikenal dengan pemerintahan digital, online pemerintahan atau pemerintahan transformasi yang merupakan suatu upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik serta penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintahan dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Pengembangan E-Gov bertujuan untuk pembentukan jaringan dan transaksi layanan publik yang tidak dibatasi sekat waktu dan lokasi dan membuat pemerintahan lebih bertanggung jawab kepada masyarakat.

Salah satu yang dibuat dan dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi Riau sebagai bagian dari layanan publik adalah Sistem Manajemen Aparatur Responsif dan Terpadu (SMART). Sistem ini sebagai media dalam pelayanan, pengawasan dan pengendalian administrasi kepegawaian. Kepala BKP2D Provinsi Riau, Asrizal mengatakan SMART memuat Database Kepegawaian yang up-to-date sebagai media data sharing bagi instansi dan stakeholders yang merupakan implementasi Riau Go IT dan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

"berdasarkan UU ASN untuk menjamin efisiensi, efektivitas, dan akurasi pengambilan keputusan dalam Manajemen ASN diperlukan Sistem Informasi ASN" terangnya.

Sistem Informasi ASN diselenggarakan secara nasional dan terintegrasi antar-Instansi Pemerintah, berbasiskan teknologi informasi yang mudah diaplikasikan, mudah diakses, dan memiliki sistem keamanan yang dipercaya serta memuat seluruh informasi dan data Pegawai ASN.

Cakupan data pada SMART ini: Data Pokok Kepegawaian (Core Data), Data Riwayat (Historical Data), Data Sosial Ekonomi (kesejahteraan) PNS, Self Assessment (Competency and potency Individual), Lainnya (stakeholder PNS). Fasilitas SMART antara lain: Sistem aplikasi untuk kenaikan pangkat, Sistem aplikasi untuk Pensiun, Sistem aplikasi untuk mutasi kepegawaian lainnya, Sistem aplikasi pengkodean dokumen pegawai, Sistem aplikasi front office dan Back Office.

Ditambahkan Asrizal "Sistem aplikasi ini sudah kita sosialisasikan kepada perwakilan SKPD se-Provinsi Riau pada tanggal 26 September 2016 kemarin, masing-masing PNS diberikan user id (akun) untuk log in ke sistem tersebut dan kita sudah meminta para pegawai untuk aktif melakukan kroscek data, memperbaiki dan menambah data yang ada dengan melampirkan bukti dokumennya".