close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

KEPALA BKP2D PROVINSI RIAU HADIRI RAPAT KOORDINASI LEMBAGA PENILAIAN KOMPETENSI

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2247
Kamis, 03 Nov 2016

Pekanbaru (2/11/16), Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana mengatakan hasil penilaian kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilakukan Assessment Center (AC) tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai referensi rekrutmen dan promosi ASN namun juga dapat dimanfaatkan sebagai acuan penyusunan program pengembangan kompetensi ASN, termasuk pengembangan softskill seperti kemampuan kepemimpinan, membangun kerjasama, menumbuhkan kreativitas, mengelola tim dan melakukan inovasi perubahan. Rapat Koordinasi Lembaga Penilaian Kompetensi (Assessment Center) yang dilaksanakan Pusat Penilaian Kompetensi (Puspenkom)ASN BKN bekerja sama dengan Kantor Regional (Kanreg) X BKN Denpasar, Kamis (27/10/2016) di Aula Bimasena Kanreg X BKN Denpasar.

Dalam acara yang dihadiri oleh Kepala BKD se-Provinsi Bali, NTB dan NTT beserta pengelola assessment center dari beberapa instansi yang memiliki assessment center termasuk BKP2D Provinsi Riau, Kepala BKN mengatakan hasil penilaian kompetensi AC BKN memiliki akurasi sebesar 70% dan menggunakan instrumen yang paling tinggi validitasnya karena menggunakan multi metode. Dengan multi metode ini kelemahan satu metode ditutupi oleh metode yang lain sehingga hasilnya layak dijadikan referensi dalam pengelolaan kepegawaian.

Melalui sambungan ponselnya Asrizal mengatakan melalui rapat ini memberi kita ruang untuk berdiskusi dan menambah pengetahuan terkait penilaian kompetensi, "Saya banyak berdiskusi tentang penilaian kompetensi ini dengan para peserta, karena BKP2D Provinsi Riau saat ini juga sedang fokus mengembangkan Assessment Center".

Asrizal mengatakan pengembangan Assessment Center kita sudah diakui oleh BKN dengan bukti tahun lalu meraih BKN award. Sumber daya manusia Aparatur merupakan kunci keberhasilan jalannya roda pemerintahan.

"SDM aparatur merupakan kunci keberhasilan jalannya roda pemerintahan, oleh karena itu Saya sependapat dengan yang dikatakan Kepala BKN selain untuk penilaian kompetensi, Assessment Center Provinsi Riau akan melaksanakan program pengembangan kompetensi ASN sebagai modal dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang" tambahnya. (dho/inka).