close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Pekanbaru Hasilkan 1.000 Ton Sampah Per Hari

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-240
Kamis, 24 Jul 2014

PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terus menyosialisasikan kepada masyarakat untuk menjaga dan menata kebersihan lingkungan. Mulai dari tatanan kota, hingga daerah-daerah terpencil yang masih dihiasi tumpukan sampah.

Meski Dinas Kebersihan Kota Pekanbaru telah melaksanakan kebersihan, namun dinilai masih belum tersentuh secara merata. Sementara retribusi sampah terus digarap setiap bulannya.

Adanya tumpukan sampah disebabkan karena malas atau lambannya para pemungut sampah ke rumah-rumah. Akibatnya, masyarakat mencari alternatif untuk membuang sampah di lahan-lahan kosong yang ada.

"Pekanbaru menghasilkan lebih kurang 1.000 sampah setiap harinya. Ini terdiri dari 12 kecamatan yang ada. Jika ini tidak diantisipasi, banyak titik akan digunakan untuk tumpukan sampah," kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Pekanbaru, Kamaruzaman.

Untuk itu, Pemko Pekanbaru diminta tegas kepada instansi terkait untuk menegevaluasi kinerja dan menampung aspirasi tersebut. Karena dikatakan Kamaruzaman, tidak sedikit warga yang mengadukan kelambanan petugas kebersihan untuk memungut sampah ke rumah-rumah.

"Instansi terkait harus dievaluasi, karena bekerja belum maksimal. Sehingga menimbulkan keluhan dan laporan dari masyarakat," tambah Kamaruzaman.(rul)