close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Sosialisasi 1 Juta Domain Di Kepulauan Meranti

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2463
Selasa, 13 Des 2016

SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, berkesempatan membuka Sosialisasi 1 Juta Domain Gratis program Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Grand Meranti Hotel, Jalan Kartini, Selatpanjang, Selasa (13/12/2016).

Kegiatan sosialisasi itu digelar atas kerjasama Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Riau bersama Dishubkominfo Kepulauan Meranti, diikuti oleh kalangan Sekolah, Madrasah atau Pesantren, Usaha Kecil Menengah (UKM), Desa dan komunitas ormas.

Dalam sambutannya, Bupati Irwan menyambut baik pelaksanaan sosialisasi tersebut sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan pembangunan lewat sarana telekomunikasi informasi berbasis internet.

Bupati mengharapkan, para peserta yang hadir dapat memanfaatkan ilmu dan pengetahuan dari sosialisasi tersebut, agar kedepannya dapat meningkatkan pelayanan melalui sarana telekomunikasi dan informasi.

Senada dengan Bupati, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Riau, Ir H Yogi Getri mengharapkan masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas domain gratis yang diprogramkan oleh Kementerian Kominfo RI.

"Mudah-mudahan dapat bermanfaat, khususnya dalam mendorong peningkatan perekonomian masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti, khususnya bagi kalangan UKM, Sekolah, Desa dan lainnya," harapnya.

Tri Julian, staf IT Diskominfo Riau yang menjadi pemateri teknis dalam sosialisasi itu menjelaskan, program 1 juta domain gratis itu hanya diperuntukkan bagi kalangan UKM, Sekolah, Madrasah atau Pesantren dan Pemerintah Desa.

Melalui program itu, jelasnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI akan memberikan domain secara gratis, menyediakan hosting, preload content atau web template, hingga pendampingan dan pelatihan.

"Setelah program gratis tahun pertama, selanjutnya harus dilakukan perpanjangan domain dan hosting dengan biaya sendiri dari pihak pemilik domain," jelasnya.

Untuk koordinasi pembuatan domain tersebut, tambah Tri Julian, pihak UKM, Sekolah, madrasah atau pesantren dan Desa bisa berkoordinasi dengan Dishubkominfo Kabupaten Kepulauan Meranti. (MC Riau/san)