close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Menhut Kunjungi Posko Satgas Siaga Darurat Bencana Asap Riau

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-247
Selasa, 05 Agu 2014

Selasa, 05 Agustus 2014 08:31 WIB

PEKANBARU, GORIAU.COM - Menteri Kehutanan (Menhut), Zulkifli Hasan melakukan pertemuan dan kunjungan ke Posko Karhutla di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru bersama Gubernur Riau (Gubri), H Annas Maamun, Selasa (5/8/2014).

Hadir sejumlah anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau. Seperti Wakil Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, Kapolda Riau Brigjen Pol Condro Kirono dan lainnya.

Tujuan kunjungan kerja Menhut Zulkifli Hasan melihat persiapan Pemprov Riau dalam menangani dan menganggulangi kebakaran hutan dan lahan serta bencana asap yang akan mengancam Riau.

Gubernur Riau memberi pemaparan kepada Menhut bahwa antisipasi yang tegas dan jelas akan dilakukan Pemprov Riau adalah dengan menyiapkan delapan ribuan petugas pemadam di setiap desa dan kecamatan.

Mereka bertugas secara rutin atau siaga untuk mengantisipasi munculnya perluasan kebakaran yang akan mengancam.

Sementara itu, Kapolda Riau Brigjen Pol Condro Kirono, memaparkan, operasi tanggap darurat yang dilakukan Pemprov Riau usai Riau mengalami kebakaran 2013 dan Februari-Maret 2014, pihak kepolisian diberikan pembekalan untuk kegiatan antisipasi kebakaran.

Kemudian juga diberikan pembekalan membaca titik panas (Hotspot) oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). "Jadi setiap hari, sudah dilaksanakan pemantauan titik api," kata Kapolda.