close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Selama Ramadhan Terjadi 19 Kasus Kebakaran di Pekanbaru

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-248
Selasa, 05 Agu 2014

Senin, 04 Agustus 2014 | 13:12:33 WIB

PEKANBARU - Selama bulan Ramadhan 1435 Hijriah lalu telah terjadi 19 kasus kebakaran di Kota Pekanbaru, Riau, dengan kerugian materi yang diakibatkan kebakaran tersebut paling sedikitnya sebesar Rp7,1 miliar, namun tidak ada korban jiwa.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru, Hermanto Yasin kepada wartawan Senin (4/8) di Pekanbaru mengatakan, dari 19 kasus kebakaran tersebut, terdapat empat kasus kebakaran yang melanda lahan kosong.

Namun untuk empat kasus kebakara lahan kosong ini, tidak tercatat kerugian material. Hanya saja tiga kasus diantaranya kini dalam proses penyelidikan, sedangkan satu kasus lainnya sudah diketahui penyebabnya yakni karena adanya warga membakar sampah hingga apinya menjalar ke lahan kosong.

Untuk 15 kasus kebakaran lainnya, menimpa rumah tempat tinggal, labor, gudang dan warung tempat usaha. Dari 15 kasus kebakaran ini, BPBPK Kota Pekanbaru telah mencatat kerugiannya mdencapai Rp7.173.000.000 yang berasal dari bangunan beserta isinya.

Hermanto mengatakan, umumnya penyebab kebakaran yang terjadi di Pekanbaru karena arus pendek listrik. Pihaknya tidak bosan-bosannya mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam menggunakan listrik, terutama saat rumahnya dalam keadaan kosong.

Dia juga mengingatkan masyarakat untuk memiliki persediaan racun api sebagai langkah antisipasi dini terhadap kebakaran. "Karena racun api bisa digunakan dalam upaya memadamkan api lebih dini, sebelum kondisinya makin membesar,"