close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

RAPP Bersiap Hadapi Karhutla

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-254
Rabu, 06 Agu 2014

6 Agustus 2014 - 07.32 WIB

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Untuk mengantisipasi terjadi kembali karhutla, RAPP melakukan beberapa dukungan. Mulai dari menyiagakan helikopter hingga ratusan masyarakat peduli api.

Presiden Direktur PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Kusnan Rahmin menegaskan kesiapsiagaan perusahaan dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan memang menjadi perhatian serius. ‘’Makanya kami menyiapkan seluruh sumber daya yang ada di perusahaan termasuk pengerahan Tim Reaksi Cepat. Kebakaran lahan dan bencana asap adalah ancaman bagi kesehatan masyarakat dan juga bisnis perusahaan,’’ ungkapnya.

Selain itu, Kusnan menambahkan, RAPP juga telah melakukan kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan termasuk dengan pemerintah. Bahkan, RAPP telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk penanggulangan kebakaran lahan yang dilakukan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau.

Selain itu, pihaknya juga telah memiliki pusat komando pengendalian untuk pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan. Unit ini berperan aktif dalam merespon potensi timbulnya api di seluruh HTI yang dikelola perusahaan dan lahan masyarakat di sekitar konsesinya.

Sementara untuk upaya pengendalian termasuk pemantauan di darat maupun melalui udara, termasuk memonitor titik panas dengan satelit yang dikaitkan dengan teknologi FDRS (Fire Danger Rating System) guna memitigasi dan mendeteksi sedini mungkin bahaya kebakaran lahan. Perusahaan juga akan meningkatkan cadangan air di kanal dengan mengatur tata kelola air yang menggunakan teknologi ekohidro guna pencegahan awal.

‘’Perusahaan juga menyiagakan 3 unit helikopter dan 700 pasukan Tim Reaksi Cepat Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran termasuk 420 anggota Masyarakat Peduli Api (MPA) yang tersebar di 23 estate di konsesi perusahaan.