close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

BPSDM Riau Terima Sertifikasi Akreditasi LAN

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2685
Rabu, 08 Mar 2017

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Pemprov Riau merupakan salah satu dari lima penerima akreditasi lembaga diklat  pemerintah daerah. Akreditasi diperoleh untuk diklat Prajab golongan I, II, III dan kepemimpinan III dan IV. Diterima langsung Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Riau Drs Asrizal MPd di Auditorium Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI akhir Februari lalu.

Sertifikat akreditasi diserahkan langsung Menteri PAN-RB Asman Abnur SE, MSi yang didampingi kepala LAN RI Dr Adi Suryanto MSi, dan Deputi Bidang Aparatur Dr Muhammad Idris MSi. Hal ini sesuai dengan yang sudah diamanatkan dalam undang-undang ASN.

Dimana menurut Asrizal, LAN mempunyai tugas melaksanakan dan menyusun standar dan pedoman penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan, pelatihan teknis  fungsional dan penjejangan tertentu, serta pemberian akreditasi dan sertifikasi di bidangnya dengan melibatkan kementerian/lembaga terkait. Selaku Pembina Diklat Aparatur, pemerintah terus berupaya menjaga kualitas lembaga diklat pemerintah dalam mengembangkan program diklat yang berorientasi pada pemenuhan standar mutu, efisiensi, efektifitas dan akuntabilitas melalui akreditasi,” kata Asrizal.(egp/ifr)

Pemberian Sertifikasi Akreditasi oleh LAN RI merupakan bentuk jaminan kualitas terhadap penyelenggaran diklat yang dilaksanakan oleh lembaga diklat Pemerintah. Akreditasi merupakan bentuk akuntabilitas kepada publik yang dilakukan secara objektif,adil, transparan dan komprehensif dengan menggunakan instrument dan kreteria yang mengacu kepada standar Nasional pendidikan.

   “Lembaga Diklat Pemerintah yang mendapatkan akreditasi adalah 5 lembaga Diklat Pemerintah Daerah dan 15 lembaga Diklat kementerian/lembaga,” ungkapnya.

   Bentuk akreditasi terdiri dari atas beberapa program diklat prajabatan dan kepemimpinan serta Sertifikat Akreditasi untuk pedelegasian  kewenangan akreditasi diklat teknis maupun Fungsional kepada lembaga diklat pemerintah.(egp/ifr)

sumber : riaupos.co