close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

RAKOR PKH PROVINSI RIAU TAHUN 2017

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3077
Jum'at, 04 Agu 2017

Pekanbaru, DINSOS-MC. Dinas Sosial Provinsi Riau menggelar Rapat Koordinasi Program Keluarga Harapan  (03/08/2017) di Hotel Royal Asnof Pekanbaru, yang dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, Narasumber dari Kementerian Sosial RI, Kepala Bidang/ Bagian dilingkungan Dinas Sosial Provinsi Riau, Peserta Rapat Koordinasi Program Keluarga Harapan Tingkat Provinsi Riau Tahun 2017 sebanyak 56 orang terdiri dari 12 orang Kabupaten/kota dari Dinas Sosial Provinsi Riau, 12 kabupaten/kota dari Bappeda dan 12 orang dari Korkab/Korkot PKH Se Provinsi Riau serta 20 orang instansi terkait yaitu Dinas Sosial Provinsi, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kementerian Agama Provinsi Riau, Bappeda Provinsi Riau, Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Riau, Biro Kesra Setda Provinsi Riau, BPS Provinsi Riau, BPJS Kesehatan Provinsi Riau, Bulog Provinsi Riau, Korwil 1 dan 2 PKH Provinsi Riau dan Operator Provinsi Riau dengan tema Integrasi Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan Melalui Kartu Keluarga Sejahtera dan E-Warong. 

Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Drs. H. Syarifuddin AR, M.Si  dalam sambutan menyampaikan  bahwa  Program Keluarga Harapan Sebagai Program Perlindungan Sosial diharapkan dapat meningkatkan Akses Terhadap Layanan Pendidikan, Kesehatan, dan Kesejahteraan Sosial.  permasalahan umum dan menjadi salah satu dari pekerjaan pemerintah yang harus diselesaikan secara komprehensif, Program Keluarga Harapan sesuai dengan Amanah UU No 40  Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, Perpres No 15 Tahun 2010 Tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, Permensos No. 10 Tahun 2017 Tentang Program Keluarga Harapan. Dimulai pada Tahun 2016 mendapatkan alokasi penambahan penerima manfaat lebih kurang 60.685 dengan total berjumlah anggota keluarga miskin 317.201 tersebar di 12 kabupaten/kota dan pada tahun 2017 asumsi tahap 1 penyaluran bantuan sosial telah mendapatkan bantuan PKH berjumlah 85.233 KPM yang akan disalurkan melalui kartu keluarga sejahtera.

Kartu keluarga sejahtera merupakan media penyaluran Bansos Non Tunai dan Subsidi dengan menggunakan kartu yang dikeluarkan perbankan berbasis tabungan. Yang berfunngsi sebagai kartu tabungan dan dompet (E-Wallet) untuk belanja dari alokasi kuota. Untuk E-Warong PKH adalah merupakan sarana penyaluran bantuan sosial non tunai. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas program penanganan fakir miskin terutama PKH dan kerjasama dari pihak program Kementerian Sosial RI berjalan dan penyaluran bantuan sosial non tunai segera direalisasikan sehingga kemiskinan di Provinsi Riau Dapat berkurang