close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Semangat Sekolah Anak Eks Tunas Bangsa

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3226
Jum'at, 15 Sep 2017

Pekanbaru, Dinsos MC. Anak adalah anugrah yang luar biasa yang dititipkan Allah yang harus kita jaga dan kita didik dengan baik, tanpa terkecuali anak-anak eks Yayasan Tunas Bangsa. Tujuh bulan berlalu setelah mendapatkan pendampingan kepribadian, kebersihan, disiplin (makan, mandi, tidur) yang memang masih belum teratur, perkembangan anak-anak eks Tunas Bangsa kian hari menunjukkan progres yang baik dari segi sikap maupun tingkah laku.

Juli 2017, sebagian besar dari mereka yang sudah memasuki usia sekolah telah didaftarkan sekolah oleh Panti Sosial Pengasuh Anak (PSPA) Dinas Sosial Provinsi Riau Jl. Dr. Sutomo Pekanbaru, masing-masing tiga orang di TK Pembina dan sepuluh orang di SD Negeri 58 Sail dan tentu saja hal ini merupakan pengalaman yang baru bagi mereka. Setelah masuk fase pendidikan anak-anak ini kembali diberi pendampingan sekolah, pendampingan mengenal huruf, berhitung dan kosa kata karena bisa dibilang anak eks Tuna Bangsa mengalami kekurangan dalam penguaasaan kosa kata, hal ini disebabkan karena jarang berbicara dengan menggunakan bahasa yang baik. Tampak jelas terpancar dari wajah-wajah polos mereka rasa bahagia dan semangat ketika berangkat ke sekolah.

Kepala Panti PSPA Dinas Sosial Provinsi Riau Hj. Miranita menyampaikan bahwa anak-anak eks Tunas Bangsa sudah bisa menyesuaikan diri dengan anak lainnya, mereka juga sama-sama diberi jadwal sehari-harinya agar bisa disiplin, seperti jadwal belajar dan membuat pekerjaan rumah (pr) yang ditugaskan dari sekolah, mengaji, bermain, makan, tidur dan membaca Surat Yasin setiap malam Jum’at. Selain itu anak-anak di bawah asuhan PSPA diberi ekstrakurikuler berupa senam, olahraga untuk kebugaran serta mengasah kemampuan dalam berkesenian dengan belajar menari dan lain sebagainya. Hal inilah yang akan terus ditingkatkan agar mereka kelak bisa menjadi anak-anak mandiri yang berbakti pada Nusa, Bangsa dan Agama.