close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Kampung Siaga Bencana “Berkah Sahabat Cenaku” Dikukuhkan

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3293
Senin, 02 Okt 2017

INHU Dinsos-MC : Kampung Siaga Bencana (KSB) sebagai icon Kementerian Sosial RI dalam hal penanggulangan bencana melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk memberikan nformasi dan melatih masyarakat agar menjadi antisipasi awal kejadian bencana, KSB memiliki lumbung sebagai tempat penyimpanan barang-barang logistik berupa peralatan-peralatan  penanggulangan bencana yang diserahkan oleh kementerian Sosial RI. KSB juga memiliki gardu sebagai Sekretariat tempat berkumpul anggota KSB untuk bertukar pikiran dan membahas tentang kebencanaan agar penanganan bencana menjadi maksimal.

    Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu adalah salah satu daerah yang rawan bencana banjir, terdapat satu kelurahan dan lima desa yang setiap tahun rutin disinggahi dengan bencana banjir. Kondisi rutin tersebut mendorong para pemuda dan masyarakat untuk membuat suatu perkumpulan penanggulangan bencana, dengan restu dari Pemerintah Kecamatan dan Kabupaten maka Dinas Sosial Provinsi Riau melalui Bidang Perlindungan Jaminan Sosial membentuk  Kampung Siaga Bencana (KSB) “Berkah Sahabat Cenaku” di Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Pembentukan KSB diwarnai  kegiatan Simulasi dan Pengukuhan anggota KSB, Kamis (28/9/17)

    Acara pengukuhan sekaligus simulasi penanggulangan bencana Camat Seberida bertempat di lapangan Pangkalan Kasai. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau H. Dahrius Husin, Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Riau Suratno, Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Indragiri Hulu, Kapolsek Seberida, Danramil Seberida, Lurah Pangkalan Kasai, Kepala Desa serta beberapa pejabat setempat.

    H. Dahrius Husin  dalam arahannya memberikan apresiasi atas terbentuknya KSB “Berkah Sahabat Cenaku” serta mengatakan di Riau dalam tahun ini  ada 2 (dua) Kampung Siaga bencana yang dibentuk  salah satunya adalah Kelurahan Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Beliau menambahkan bahwa ada keterkaitan yang sangat erat antara  Dinas Sosial Provinsi,  Kab/Kota maupun Kementerian Sosial  RI dalam penanggulangan bencana diantaranya, yang  pertama  TAGANA (Taruna Siaga Bencana) di Riau lebih kurang 748 relawan, kedua  terus membentuk KSB pada kab/kota se Riau. KSB “Berkah Sahabat Cenaku” merupakan KSB yang ke 13 dibentuk. Pada tahun 2017 akan dibentuk satu lagi sehingga pada tahun ini menjadi  14 Kampung Siaga Bencana se Riau . Beliau juga berharap dengan terbentuknya Kampung Siaga Bencana ini dapat mengurangi resiko bencana dilokasi lokasi rawan bencana khususnya di Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu.