close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Tagana Riau Berpartisipasi Pada Jambore Dan Bhakti Sosial Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Tahun 2017 Di Sulawesi Utara

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3376
Jum'at, 27 Okt 2017

Manado, Dinsos – MC. Kegiatan Jambore dan Bhakti Sosial TAGANA yang mengambil tema Beragam Untuk Bersatu - Bersatu Untuk Menanggulangi Bencana dimulai pada tanggal 23 Oktober 2017, sedangkan acara Puncak Jambore TAGANA dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober  2017 yang dihadiri oleh Menteri Sosial RI dalam hal ini diwakili oleh Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Harry Hikmat. 

Tujuan dari Jambore TAGANA ini adalah untuk meningkatkan kiprah nyata TAGANA dalam penanggulangan bencana dalam pengurangan resiko bencana, konsolidasi TAGANA di seluruh Indonesia serta saling tukar informasi dan membangun net working antara TAGANA dan Relawan serumpun di ASEAN +3.

Rangkaian kegiatan Jambore dan Bhakti Sosial TAGANA dilaksanakan di Kota Tomohon dan Tondano Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara. Adapun bentuk kegiatan dari Bhakti Sosial TAGANA antara lain pembersihan eceng gondok di danau dan das Tondano, penanaman pohon / go green di Tomohon, TAGANA Goes to School, bedah rumah, pembagian sembako, kaki palsu gratis, donor darah, pemeriksaan kesehatan, dll. Pada acara seremonial, bentuk kegiatan yang dilakukan antara lain Gala Dinner sebagai ajang pembukaan diikuti oleh seluruh undangan dan peserta baik Nasional maupun Internasional yang dilaksanakan di Gedung WALE NE TOU Minahasa di Tondano, sementara Apel Siaga Bencana, Parade Kebhinekaan TAGANA, Pengukuhan Pembina TAGANA Kehormatan, serta penyampaian penghargaan TAGANA teladan, pemenang TAGANA annual photo award dan penyerahan bantuan dilaksanakan di Lapangan Sam Ratulangi Tondano Minahasa, sementara untuk acara Ramah tamah / Farewell Dinner dilakukan di Aula Rumah Dinas Walikota Tomohon.

Peserta kegiatan sebanyak 1.500 orang berasal dari 33 Provinsi yang berjumlah 600 orang, peserta lokal Provinsi Sulawesi Utara sebanyak 400 orang. Pada kegiatan ini Provinsi Riau mengirimkan utusan sebanyak 22 orang.

Kegiatan ini juga melibatkan peserta dari Negara-negara di Asia Tenggara +3 dari 13 Negara yang terdiri dari Focal Point SOMSWD, Focal Point ACDM dan Volunteers, yang sudah hadir 7 orang (Philippine 1 orang, Malaysia 1 orang, Cambodia 1 orang, Japan 4 orang). Hadir pula para pilar sosial, NGO lokal dan internasional, sahabat TAGANA serta organisasi relawan lainnya di Indonesia.

Pada Jambore TAGANA tahun ini juga diadakan berbagai macam perlombaan dimana TAGANA Provinsi Riau turut serta dalam perlombaan tersebut antara lain Water Rescue, Dapur umum lapangan, Manajemen selter, Analisis manajemen logistik, dan Layanan dukungan Psikososial.