close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

UPSK Upaya Deteksi Dini Bagi Penyandang Disabilitas

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3384
Rabu, 01 Nov 2017

Bangkinang, Dinsos MC. Kegiatan UPSK yang dihadiri oleh 100 orang peserta dari 5 Kecamatan (masing-masing 20 orang peserta per Kecamatan) di Kabupaten Kampar ini terlaksana dengan baik dan lancar. Kamis, 26 Oktober 2017 bertempat di Posko Tagana Kab. Kampar, Erwin Kusuma selaku Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Riau menutup kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) Program Rehabilitasi bagi Penyandang Disabilitas dengan melakukan sarasehan sebagai wadah melakukan pendekatan kepada masyarakat.

Penutupan ini dilaksanakan pada pemeriksaan terakhir oleh peserta dari Kec. Bangkinang Kota. Sebagaimana yang diberitakan pada pembukaan UPSK Senin, 23 Oktober 2017 yang lalu bahwa UPSK adalah upaya pemerintah untuk melakukan penyebaran informasi, deteksi dini kecacatan, konsultasi pemberian alat bantu dan pelatihan intensif. Tugas penting ini melibatkan langsung oleh orang-orang yang berkompeten dalam penangan masalah Penyandang Disabilitas, seperti Tim Medis, Psikolog, Pekerja Sosial dan Penyuluh Sosial. Hal ini dianggap perlu untuk mendorong dan memotivasi mereka untuk menjalankan hidup dengan terus semangat. Disela-sela pemeriksaan tampak seorang Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) memberi keterampilan kebeberapa anak Penyandang Disabilitas dengan membuat bros jilbab, boneka, tempat pensil dan lain sebagainya untuk merangsang motorik dan kreatifitas mereka untuk dijadikan pengetahuan dan bekal mengisi waktu luang.

Kepala Bidang Rehabilitas Sosial Dinas Sosial Kabupaten Kampar Nur Ikhsan menyampaikan kepada seluruh peserta bahwa dalam kegiatan UPSK ini akan ada tindak lanjutnya dan meminta kebesaran hati dari seluruh peserta untuk dapat bersabar menunggu giliran karena penangan ini akan dilaksanakan secara bertahap. “Mungkin kami akan memprioritaskan bagi saudara-saudara kita yang lebih membutuhkan penanganan intensif dalam waktu dekat dan cepat”, ujar Kabid Rehsos Kab. Kampar.