close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Peringatan Hari Pahlawan Ke 72 “Perkokoh Persatuan Membangun Untuk Negeri”

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3452
Jum'at, 10 Nov 2017

Pekanbaru, Dinsos-MC. Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 yang diperingati setiap tanggal 10 November pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang Indonesia yang telah mengabdikan jiwa, raga, harta dan bahkan nyawanya demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Rebublik Indonesia serta pemahaman nilai-nilai Pancasila pada generasi muda melalui pembelajaran sejarah kejayaan bangsa Indonesia dan kepahlawanan nasional.

Jumat (10/11/2017) tepat pada pukul 07.30 Wib, upacara Peringatan Hari Pahlawan di halaman Kantor Gubernur tampak hikmat dengan dihadiri peserta upacara dari Pejabat Tinggi di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau, satuan TNI, Forkopemda, LVRI Pejuang 45,  Polri, Satpol PP, Dispora, RRI, Kemenag serta perwakilan pelajar dari berbagai sekolah. Upacara di pimpin langsung oleh Gubernur Riau H. Arsyadjuliandi Rachman dan Komandan Upacara AKBP Dermawan Marpaung, S.I.K.

Pada kesempatan ini, Gubernur Riau menyampaikan sambutan tertulis dari Menteri Sosial RI Kofifah Indar Parawangsa yang mengangkat tema “perkokoh persatuan membangun negeri”. Amanat Menteri Sosial pada peringatan Hari Pahlawan tahun ini yakni Pada kesempatan yang baik ini kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini. 

Ia juga menyampaikan bahwa harapan akan masa depan yang baik telah ditambatkan dalam pemerintahan Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla melalui transformatif mengarahkan dan menggerakkan elemen Republik Indonesia. Acara selanjutnya upacara Ziarah Nasional dilaksanakan  di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Dharma Pekanbaru. Inspektur upacara, ditandai dengan peletakan karangan bunga di Tugu Pahlawan. Gubernur Riau beserta rombongan melakukan tabur bunga untuk mengenang jasa para pahlawan khususnya pahlawan Provinsi Riau. tabur bunga ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap para pahlwan yang telah berkorban untuk kemerdekaan bangsa Indonesia