close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dinsos Riau Gelar Peringatan HKSN Tahun 2017

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3620
Selasa, 19 Des 2017

Pekanbaru, Dinsos-MC. Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) diperingati pada tanggal 20 Desember setiap tahun adalah sebagai rasa syukur dan hormat atas keberhasilan seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam menghadapi ancaman bangsa lain yang ingin menjajah kembali bangsa kita.

Peringatan Hari Sosial atau Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tersebut merupakan upaya untuk mengenang, menghayati dan meneladani semangat persatuan, kesatuan, kegotongroyongan dan kekeluargaan rakyat Indonesia yang secara bahu membahu mengatasi permasalahan dalam mempertahankan kedaulatan bangsa atas pendudukan kota Yogyakarta sebagai Ibu Kota Republik Indonesia oleh tentara Belanda pada tahun 1948.

 Adapun sejarah lahirnya Hari Sosial yang pada akhirnya berubah menjadi Hari Kebhaktian Sosial, dan berganti lagi menjadi Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional adalah sebagai berikut :

1. HARI SOSIAL ke I atau pertama kali diperingati pada tanggal 20 Desember 1958 dicetuskan oleh Menteri Sosial, H Moeljadi Djojomartono.

2. Peringatan yang ke XIX tanggal 20 Desember 1976 oleh Menteri Sosial, HMS Mintardja SH. Nama HARI SOSIAL diubah menjadi HARI KEBAKTIAN SOSIAL.

3. Dan pada Peringatan yang XXVI tanggal 20 Desember 1983 oleh Menteri Sosial, Nani Soedarsono SH. Nama HARI KEBAKTIAN SOSIAL diubah lagi menjadi HARI KESETIAKAWANAN SOSIAL NASIONAL.

Puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2017 secara nasional akan dilaksanakan di Surabaya tanggal 20 Desember 2017. Dalam Peringatan  HKSN Tahun 2017 di Provinsi Riau, Dinas Sosial Provinsi Riau pada Minggu (17/12/2017) bertempat di halaman Kantor Dinas Sosial Provinsi Riau Peringatan HKSN dimeriahkan dengan Gerak Jalan Santai HKSN yang diikuti segenap keluarga besar Dinas Sosial Provisni Riau hadir pada kesempatan  Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau H. Dahrius Husin, MM beserta keluarga, Pejabat Eselon III,  Eselon IV, Staf, Pegawai Honorer di Lingkungan Dinas Sosial Provinsi Riau dengan berserta keluarga.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau H. Dahrius Husin, MM dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini mengambil tema “Setiakawan Keren”. Bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan dan soliditas keluarga besar Dinas Sosial Provinsi Riau, selain itu juga terwujudnya partisipasi semua pihak dalam upaya penyelenggaraan  kesejahteraan sosial. Peringatan HKSN kali ini dimaksudkan juga sebagai Family Gathering sehingga keakraban pada keluarga besar Dinas Sosial Provinsi Riau serta stake holder.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau mengharapkan dengan diselenggarakannya acara ini akan menambah rasa persaudaraan, kesetiakawanan dan kepedulian antar sesama tanpa mellihat latar belakang seseorang. Dengan adanya kegiatan ini semoga rasa Kesetiakawanan Sosial dari berbagai unsur dan lapisan mayarakat dapat tercipta dan terjalin dengan baik. Acara peringatan HKSN dimerihakan dengan hiburan dari, oleh dan untuk Keluarga besar Dinas Sosial Provinsi Riau dan pembagian “door prize”   yang disediakan panitia.