close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

BERSEMANGAT UNTUK UNTUK MAJUKAN PELAYANAN JANTUNG. RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI TERUS LAKUKAN OPERASI JANTUNG SECARA BERKALA

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3629
Sabtu, 23 Des 2017

     Didorong oleh semangat untuk memajukan pelayanan jantung, RSUD Arifin Achmad ProvinsiRiau bekerja sama dengan RS Jantung Harapan Kita Jakarta kembali melaksanakan operasi jantung gelombang ke-3 di Gedung Bedah Sentral Terpadu RSUD Arifin Achmad pada Jum`at 9 Desember 2017 hingga Sabtu 10 Desember 2017 dengan 4 pasien dan biaya keseluruhan ditanggung oleh BPJS. Dokter operator kali ini melibatkan dokter spesialis Bedah Thoraks RSUD Arifin Achmad dr. Hariadi Hatta, Sp.BTKV bersama Tim Jantung RS Harapan Kita Jakarta yaitu DR. dr. Dudy A Hanafy, Sp.BTKV (K) MARS, DR. dr. Cindy Elfira Boom, Sp.An, KAKV serta dr. Ni Luh Kusuma Dewi, Sp.An.

   Seorang pria pensiunan purnawirawan TNI berumur 61 tahun menjadi pasien pertama yang dioperasi pada tanggal 9 Desember 2017 dengan kasus jantung koroner. Operasi ini berlangsung dari pukul 08:35 wib hingga pukul 12.00 Wib. Setelah itu dilanjutkan lagi operasi kedua yaitu pasien yang seorang siswi SMA yang berumur 16 Tahun yang mengidap kelainan jantung bawaan dari lahir berupa adanya lubang pada serambi jantung. Operasi ini berlangsung dari pukul 14.30 Wib hingga pukul 18.00 Wib. selepas pukul 19.30 Wib kembali melakukan operasi ketiga pada pasien seorang pria berumur 54 tahun yang berprofesi mantan pengemudi dengan kasus jantung koroner. Operasi ini berlangsung hingga pukul 22. 00 Wib.

   Menginjak hari ke-2 tanggal 10 Desember 2017 sekitar pukul 10.00 Wib dilaksanakan kembali operasi dengan kasus jantung koroner kepada seorang wanita yang berumur 55 tahun. Operasi ini baru selesai pada pukul 14.30 Wib.

Image title

Foto Saat diwawancara: dr.Hariadi Hatta, Sp.BTKV (kiri)
dan DR. dr. Dudy A Hanafy, Sp.BTKV(K), MARS (kanan)

   DR. dr. Dudy A Hanafy, Sp.BTKV(K), MARS dalam wawancaranya pasca operasi mengatakan persiapan yang dilakukan oleh RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dinilai sudah matang, mulai dari persiapan yang cukup dan kerjasama Tim yang kompak sehingga operasi tahap 3 ini dapat berjalan dengan lancar. Harapan kedepannya RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau bisa melakukan operasi jantung sesering mungkin, karena hal ini dapat meningkatkan kemahiran tim pelayanan jantung terpadu.

    Di sesi wawancara lainnya dr. Hariadi Hatta, Sp.BTKV mengatakan “Saat ini RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau telah meningkatkan pelayanan jantung hingga bisa melakukan operasi jantung serta menjadi rumah sakit rujukan jantung di Provinsi Riau. Sebagai rumah sakit rujukan provinsi, RSUD Arifin Ahcmad Provinsi Riau akan terus berbenah dan berkembang dengan cara memperdalam ilmu sehingga pada nantinya dapat menangani kasus jantung yang lebih kompleks dan dapat berbuat lebih untuk semua golongan masyarakat terutama pada golongan mengengah kebawah.

    Lebih lanjut, dr. Hariadi Hatta, Sp.BTKV menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mengubah pola hidup seperti mengurangi makanan berkolestrol tinggi dan berhenti merokok, perbanyak komsumsi rebusan serta rutinlah memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan. Jangan menunggu dulu sampai terkena penyakit jantung karena sakit jantung ini sangat mahal dan banyak sekali menghabiskan sumber daya dalam penatalaksanaanya.

Image title

SENYUMAN PASCA OPERASI : Salah satu pasien yang telah dioperasi jantung yang sempat menangis saat sebelum operasi sudah bisa tersenyum dengan manis saat dilakukan wawancara.


   Saat ini seluruh pasien telah kembali ke rumah masing-masing menjalani aktivitas rutinnya sambil rutin memeriksakan diri ke poli jantung instalasi rawat jalan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Ditemui saat pasca operasi beberapa waktu lalu, mereka mengatakan bahwa kesehatan mereka sudah berangsur –angsur pulih dan sangat bersyukur karena RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau sudah memiliki Tim Dokter Jantung yang kompoten serta peralatan yang lengkap sehingga bisa melakukan operasi jantung tanpa perlu berobat keluar daerah karena disamping menghabiskan banyak biaya, juga tidak bisa ditemani dan bertemu seluruh keluarga. Selain itu pelayanan yang diterima sangat baik dan patut diacungi jempol.