close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Di Kabupaten Indragiri Hilir

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3800
Selasa, 27 Mar 2018

Penyelenggaraan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan yang diselenggarakan di Kabupaten Indragiri Hilir pada tanggal 26-28 Maret 2018 ini merupakan kegiatan tahap keempat setelah sebelumnya diakan di Kab. Bengkalis, Kota Dumai dan Kab. Kampar. Penyelenggaraan kegiatan ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi antara Pemerintah Desa dengan Lembaga Kemasyarakatan di desa dalam pelaksanaan pembinaan dan peningkatan kinerja lembaga pemberdayaan masyarakat desa sebagai mitra pemerintah desa dan kelurahan guna mendukung percepatan pembangunan di daerah serta mendorong partisipasi masyarakat, hal ini sejalan dengan tujuan penyelenggaraan otonomi daerah yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat.

          Pencapaian tujuan pemberdayaan masyarakat, dapat dikatakan berhasil apabila masyarakat ikut berpartisipasi secara aktif di setiap pengambilan keputusan dalam kegiatan yang menyangkut kepentingan masyarakat. Oleh sebab itu, bentuk partisipasi dalam rangka pemberdayaan masyarakat perlu dipahami dengan baik.

Dalam era otonomi daerah ini penguatan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan sangatlah penting mengingat aspirasi masyarakat merupakan kunci utama dalam pencapaian tujuan pembangunan.

          Dengan adanya kegiatan Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan ini merupakan salah satu program penting pemerintah untuk menindaklanjuti amanah Permendagri no 5 tahun 2007 tentang Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan dimana lembaga pemberdayaan masyarakat yang dibentuk atas prakarsa masyarakat sebagai mitra pemerintah desa/kelurahan dalam menampung dan mewujudkan aspirasi serta kebutuhan masyarakat di bidang pembangunan. Pemerintah dalam meningkatkan pembangunan adalah nilai dan tradisi bangsa yang baik, yang ditinggalkan oleh para pendahulu kita, untuk kita lanjutkan ke depan dan harus senantiasa tumbuh dan melekat dalam kehidupan manusia indonesia, karena dengan semangat itu, maka akan tercipta suasana tentram, damai dan nyaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.