close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

10 Sekolah Di Pekanbaru Dan Kampar, Komitmen Menjadi Model Sekolah Sehat

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3877
Rabu, 18 Apr 2018

            WHO yang merupakan sebuah Organisasi Kesehatan Dunia telah mencanangkan konsep Health Promoting School atau Promosi Kesehatan di Sekolah dengan menggunakan model holistic yang meliputi hubungan antara aspek fisik, mental, sosial dan lingkungan untuk mempercepat pencapaian sekolah sehat. UKS merupakan salah satu kegiatan health promoting school yang ada di sekolah dan berkaitan dengan masalah kesehatan untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan aman.

            Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Provinsi Riau telah mengadakan Pertemuan Orientasi Teknis Tim Pembina UKS Kab/Kota dan Kecamatan Dalam Rangka Penerapan Sekolah Sehat di Hotel Fave Pekanbaru pada tanggal 5-6 April 2018 lalu.

            Pertemuan ini diikuti oleh Kepala Sekolah, Guru UKS, Kepala Puskesmas dari 10 Sekolah terpilih yang akan menjadi model sekolah sehat MIN 1, SDN 56, SDN 02, SDN 26, SDN 39, SDN 17, SDN 83 di Pekanbaru, SDN 24 dan SD IT Mutiara Global dari Kab. Kampar.

            “Diharapkan setelah pertemuan ini, 10 perwakilan sekolah yang hadir dapat berkomitmen dan dapat menjadi best practice untuk sekolah lain di Provinsi Riau dan juga komitmen untuk melaksanakan germas di sekolah,” ujar Drs. Dedi Parlaungan, Apt selaku Kabid Kesmas dalam pembukaannya mewakili Kadinkes Provinsi Riau.

            Pengembangan model sekolah sehat dapat dilakukan dengan menerapkan kegiatan-kegiatan sarapan/makan siang dengan bekal menu gizi seimbang, cuci tangan menggunakan sabun, aktifitas fisik pada jam istirahat dan pergantian jam pelajaran, pembinaan guru UKS dan kader kesehatan sekolah, pembinaan lingkungan sekolah sehat dan dan  peningkatan pelayanan kesehatan di sekolah.