close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dinsos Riau Laksanakan UPSK Di Kabupaten Kuansing

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4234
Selasa, 21 Agu 2018

Kuansing, Dinsos MC. Dinas Sosial Provinsi Riau melalui Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas melaksanakan kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) Program Rehabilitasi bagi Penyandang Disabilitas di Kabupaten Kuantan Singingi. H. M. Zen selaku Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas dalam laporannya menyampaikan dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan adanya  kesadaran dan tanggung jawab sosial masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan sosial bagi penyandang Disabilitas. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 13 s.d 16 Oktober 2017 bertempat di Kabupaten Kuansing, yang diikuti oleh 100 orang peserta penyandang disabilitas dari Kecamatan Kuantan Tengah, Kec. Inuman, Kec. Pangean dan Kec. Benai.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau H. Dahrius Husin dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Dinsos Riau Suratno dalam sambutannya menyampaikan bahwa Unit Pelayanan Sosial Keliling ini diharapkan mampu meningkatkan serta memperluas jangkauan kesejahteraan sosial Penyandang Disabilitas sehingga lebih adil dan merata. Selain itu juga mendorong dan memotivasi semua unsur masyarakat, disiplin ilmu, dan instansi-instansi terkait agar berperan aktif dalam penanganan disabilitas. Beliau menambahkan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pengentasan permasalahan yang dihadapi Penyandang Disabilitas yang dilakukan sedini mungkin.

Beliau memaparkan bahwa Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) adalah upaya pemerintah untuk melakukan penyebaran informasi, deteksi dini kecacatan, konsultasi pemberian alat bantu dan pelatihan intensif. Tugas penting ini melibatkan langsung orang-orang yang berkompeten dalam penangan masalah penyandang disabilitas, seperti Tim Medis, Psikolog, Pekerja Sosial dan Penyuluh Sosial. Hal ini dianggap perlu untuk mendorong dan memotivasi mereka untuk menjalankan hidup dengan terus semangat. Disela-sela pemeriksaan akan dihadirkan beberapa mahasiswi dan instruktur untuk memberi keterampilan kebeberapa Penyandang Disabilitas dengan membuat aneka gelang dari selang plastik dan tali kur untuk merangsang motorik dan kreatifitas mereka untuk dijadikan pengetahuan dan bekal mengisi waktu luang.

Sasaran Unit Pelayanan Sosial Keliling ini adalah para penyandang disabilitas dan sebagian orang tua/wali sebagai pendamping Penyandang Disabilitas untuk memperoleh pelayanan deteksi dini melalui pemeriksaan dan konsultasi medis maupun bimbingan mental sosial serta bimbingan keterampilan dengan maksud agar Penyandang Disabilitas dapat melaksanakan fungsi sosialnya dalam masyarakat secara optimal.

Kepala bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kab. Kuansing Irhandi, menyambut baik dilaksanakannya UPSK di Kab. Kuansing. Beliau menyampaikan kepada seluruh peserta bahwa dalam kegiatan UPSK ini akan ada tindak lanjutnya dan meminta kebesaran hati dari seluruh peserta untuk dapat bersabar menunggu giliran karena penangan ini akan dilaksanakan secara bertahap. “Mungkin kami akan memprioritaskan bagi saudara-saudara kita yang lebih membutuhkan penanganan intensif dalam waktu dekat dan cepat”, ujar Kabid Rehsos Kab.Kuansing.