close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dinkes Adakan Pelatihan PDP Untuk Tingkatkan Layanan Bagi ODHA

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4283
Jum'at, 31 Agu 2018

Jumlah kasus baru HIV/AIDS di Provinsi Riau menempati urutan ketiga di Pulau Sumatera. Jumlah kasus dengan AIDS yaitu 1.803 orang dengan 422 orang meninggal karena AIDS. Melihat permasalahan itu, Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengadakan Pelatihan Layanan PDP (Perawatan Dukungan Pengobatan ARV) Untuk Fasyankes Kab/Kota Di Provinsi Riau Tahun 2018 di Hotel Furaya sejak tanggal 27 Agustus 2018 hingga 31 Agustus 2018.

            Sebanyak 60 orang mengikuti pelatihan ini yang terdiri dari Dokter, Perawat, Apoteker (farmasi), dan petugas pencatatan dan pelaporan yang berasal dari Pekanbaru, Bengkalis, Kampar dan Indragiri Hulu. Pelatihan ini di fasilitatori oleh Dokter dan Apoteker dari RS Pusat Otak Nasional Jakarta, RSUD Selasih Kab.Pelalawan, Puskesmas Tenayan Raya Pekanbaru, RSUD Selasih Kab. Pelalawan, dan RSUD Puri Husada Inhil.

            Berdasarkan data SIHA (Sistem Informasi HIV/AIDS), jumlah ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) yang mendapatkan pengobatan ARV (antiretroviral) sebesar 54.4% (1.728 orang), dan dari jumlah tersebut sebanyak 28.6% terdapat ODHA yang loss to follow up, rujuk keluar, bahkan menghentikan pengobatan. Angka ini meningkat 18% dibandingkan tahun 2017.

            M.Ridwan, Kabid P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Dinkes Provinsi Riau mengatakan,” Diharapkan Tim PDP di Fasilitas Layanan Kesehatan terpilih memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai standar mampu melakukan layanan perawatan dukungan dan pengobatan ARV di Kab/Kota masing-masing.”