close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Pelatihan Sistem Manajemen Dokumen Akreditasi (SISMADAK)

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4495
Rabu, 10 Okt 2018

Dalam rangka menunjang kelancaran survey akreditasi dan penyimpanan dokumen Akreditasi Rumah Sakit, Pada Hari Rabu Tgl. 19 September 2018 RSUD Petala Bumi melakukan Pelatihan Sistem Manajemen Dokumen Akreditasi kepada seluruh Ketua Pokja atau Tim Akreditasi RSUD Petala Bumi.
Aplikasi SISMADAK atau Sistem Manajemen Dokumen Akreditasi merupakan aplikasi alat bantu yang diperuntukkan bagi Rumah Sakit yang mengikuti program Akreditasi yang diselenggarakan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). SISMADAK berguna bagi RS dalam persiapan akreditasi untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mencari kembali dokumen bukti yang berhubungan dengan akreditasi.
dimana system ini mempunyai keuntungan yaitu :

  • Sebagai media penyimpanan data dalam bentuk digital, sehingga: Menghemat tempat penyimpanan dokumen,  Biaya kertas, Menghemat waktu karena kemudahan pencarian data kembali.

  • Menghemat waktunya Staff RS untuk melakukan pencarian dokumen yang diminta dan disajikan kepada Surveior pada saat akreditasi. Dan system ini mempunyai Kelebihan :
    1. Dapat melakukan penyimpanan dokumen berdasarkan Elemen Penilaian (EP), sehingga dokumen tidak berceceran.
    2. Aplikasi SISMADAK dapat diakses di setiap peralatan Komputer, Tablet dan Smartphone lainnya.
    3. Tersedia pengaturan hak akses berdasarkan Pokja
    4. Histori dokumen akan tersimpan selamanya dalam sistem, sehingga dapat ditelusuri kembali.
    5. Tersedia Dashboard berupa indikator penilaian Self-Assessment

Simulasi diadakan selama sehari oleh Kasubbag Perencanaan Program. Harapan beliau aplikasi ini segera di implementasikan agar pengelolaan dokumen Akreditasi Rumah Sakit bisa maksimal, lebih efektif dan efesien sesuai harapan.