close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Guru Perlu Siapkan Siswa Hadapi Revolusi Industri 4.0

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4540
Selasa, 16 Okt 2018

Jakarta-Federasi Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (FGTIK) menggelar rapat kerja nasional (rakemas) dan workshop. Kegiatan tersebut diadakan di Jakarta, 6-7 Oktober 2018.

“Rakernas dihadiri oleh pengurus dan perwakilan daerah Federasi Guru TIK dan Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Nasional di Indonesia.  Kata Ketua Federasi Guru TIK dan KKPI Nasional, Firman Oktora, Selasa (9/10).

Ia menambahkan, selain reker, juga sekaligus diselenggarakan Workshop Guru TIK yang bertema “Dinamika Kebijakan Pelajara TIK/Informatika di Era revolusi Industri 4.0 dan Peningkatan Kompetensi Guru TIK pada Pembelajaran Abad 21”.

Workshop tersebut menampilkan nara sumber Dr Awaluddin Tjalla (Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan); Dr Inggraini Liem (Brebes/Tim TOKI), Yohan Adi SKom (Guru TIK/Praktisi STEM), dan Andri Wahyu Pradhana SPd (Guru TIK/Penggiat Media Pembelajaran).

Firman Oktara mengatakan, guru TIK perlu terus meningkatkan wawasan dan kompetensinya. Hal itu penting agar mereka dapat melakukan pembelajaran abad 21 yang menarik dan menyenangkan sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan siswa.

Oleh karena itu, FGTIK memprogramkan peningkatan kompetensi guru TIK melalui kegiatan seminar, workshop, dan pelatihan. “Guru TIK dan Informatika sangat strategis untuk kita sampaikan kepada siswa agar mereka siap menghadapi tantangan tersebut,” lanjut Firman Oktara. “Kami senantiasa berupaya terus bersinergi dengan kemdikbud terkait rancangan muatan TIK dan pelajaran Informatika yang sesuai dengan perkembangan zaman dan kondisi di sekolah,” pungkas Firman Oktara yang juga aktif dalam tim pengembangan kurikulum.