Index Berita
Urgensi Guru Menguasai Ilmu Psikologi Pendidikan
Selasa, 16 Okt 2018
Pentingnya psikologi pendidikan bagi guru merupakan sebuah kebutuhan. Psikologi pendidikan yang merupakan ilmu terapan dari dua disiplin ilmu yang berbeda antara psikologi dan pendidikan. Seorang guru harus menguasai disiplin ilmu antara psikologi dan pendidikan. Guru sebagai pembimbing, pendidik, dan pelatih bagi siswanya, tentu dituntut memahami tentang berbagai aspek prilaku dirinya maupun prilaku orang-orang yang terkait dengan tugasnya.
Terutama prilaku peserta didik dengan segala aspeknya, sehingga dapat menjalankan tugas dan perannya secara efektif, yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi pencapaian tujuan pendidikan di sekolah. Penguasaan guru tentang psikologi pendidikan merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai guru, yakni kompetensi pedagogik.
Muhibbin Syah (2003) mengatakan bahwa di antara pengetahuan yang perlu dikuasai guru dan calon guru adalah pengetahuan psikologi terapan yang erat kaitannya dengan proses belajar mengajar peserta didik. Dengan memahami psikologi pendidikan, seorang guru melalui pertimbangan psikologinya diharapkan dapat melakukan banyak hal dalam pembelajaran, yakni:
Merumuskan tujuan pembelajaran secara tepat
Memilih strategi atau metode pembelajaran yang sesuai
Memberikan bimbingan bahkan memberikan konseling
Memfasilitasi dan memotivasi belajar peserta didik
Menciptakan iklim balajar yang kondusif
Berinteraksi secara tepat dengan siswanya
Menilai hasil pembelajaran yang adil dan akurat
Seorang guru harus bisa mengelola sekolah dan mempunyai pengetahuan pelengkap seperti psikologi pendidikan, agar mengetahui minat dan kebutuhan yang sesuai pada tahap perkembangan siswanya. Walaupun belum pernah mempelajari psikologi pendidikan guru bisa mengajar dengan menggunakan insting dan pengalamannya, mengenai tindakan apa yang harus dilakukan ketika menghadapi permasalahan di sekolah. Dan akan lebih baik jika ditunjang dengan pengetahuan mengenaii psilologi pendidikan, yang bisa diperoleh dari perpustakaan, website, seminar , dll.