close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

PEMBELAJARAN GURU DALAM ERA DIGITAL

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4561
Kamis, 18 Okt 2018

Kenyataan  masih memprihatikan yang terjadi pada dunia pendidikan kita adalah kemajuan zaman tidak berbanding lurus dengan kemajuan guru perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat cepat dalam satu dawarsa terakhir ini .perkembangan ini dipastikan menyentuh ,bahkan melahirkan orientasi baru pada semua bidang kehidupan manusia ,baik sosial,budaya,ekonomi ,politik hokum,maupun pendidikan .

Telah terjadi pergeseran dari era penggetahuan ,ke era informasi dan komunikasi .transisi komunikasi berbasis penggetahuan komunitas berbasis informasi dan komunikasi membawa perubahan yang dramatis ,terutama dalam hal ,bagaimana informasi di konstruksi menjadi penggetahuan yang dapat di komunikasikan dengan cepat dan secara luas kepada semua warga Negara ,sehingga tidak ada warga Negara yang terisolasi dalam informasi.

Karim dan saleh sugianto (2006) .lebih dari itu,bagaimana seorang guru mampu berkomunikasi dan beradaptasi mengikuti arah tanda zaman .guru di era digital di tuntut mampu berinofasi dan berkreasi ,karena sistem pembelajaran tahun  80an sudah tidak di terima oleh anak didik zaman sekarang.penggetahuan yang bersifat sementara membutuhkan pembaharuan secara konstan ,perkembangan dan peningkatan kemampuan pribadi.

Kemampuan ini mempengaruhi dunia pendidikan secara mendasar ,dari secara pandang terhadap penggetahuan, sampai dengan bagaimana prnggetahuan itu di ajarkan di depan kelas. Hal ini juga tentu berpengaruh terhadap dunia pendidikan guru dan tenaga pendidikan ,terutama bagaiman kompetensi  guru harus di orientasi terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dan masyarakat digital dewasa ini.

Dengan kata lain ,jika guru belum dapat sepenuhnya masuk di era digital ,mereka dapat menjadi jembatan revolusi .yakni,dengan cara menjadikan dirinya sebagai motivator ,yang menggerakkan anak didik pada sumber belajar yang dapat di akses.

Peran guru dalam pembelajaran era digital ada tujuh yakni: (1)guru sebagai sumber belajar; peran guru sebagai sumber belajar  berkaitan dengan kemampuan guru dalam menguasai materi  pembelajaran .sehingga ketika siswa siswa bertanya , dengan sigap dan cepat tanggap ,guru akan dapat langgsung menjawab nya dengan bahasa yang mudah di mengerti oelh siswa.(2). guru sebagai fasilitator ; peran guru dalam memberikan pelayanan kepada siswa untuk dapat memudahkan siswa menerima materi pelajaran .(3). Guru sebagai pengola ;dalam proses pembelajaran ,guru berperan untuk memegang kendali penuh atas iklim dalam suasana pembelajaran .diibaratkan seperti seorang nahkoda yang memegang setir kemudi s maksudnya disini bukan lah turun ke jalan untuk berdemo .

Namun yang dimaksud kan disini adalah guru itu sebagai sosok yang berperan untuk menunjukkan sikap-sikap  yang akan menginspirasi siswa untuk melakukan hal yang sama ,bahkan lebih baik lagi;(5).guru sebagai pembimbing ;perannya sebagai seorang pembimbing ,guru diminta untuk dapat mengarahkan kepada siswa untuk dapat mengarahkan kepada siswa untuk menjadi seperti yang di inginkan nya .namun tentunya ,haruslah guru membimbing dan mengarah kan untuk dapat mencapai cita-cita dan impian siswa tersebut ;(6).guru sebagai motifator ;proses pembelajaran akan berhasil jika siswa memiliki motivasi di dalam dirinya .oleh karena itu ,guru juga berperan penting dalam menumbuhkan motivasi dan semangat  dalam diri siswa untuk belajar;(7).guru sebagai elevator ; setelah melakukan proses pembelajaran ,guru harus lah mengevaluasi semua hasil yang telah dilakukan selama.***