close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Kadis Sosial: “Gaung LK3 Harus Ditingkatkan Lagi”

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4652
Senin, 05 Nov 2018

Pekanbaru, Dinsos MC. Dewasa ini permasalahan keluarga cenderung terus meningkat, berbagai bentuk seperti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), perselingkuhan, kekerasan sexual, aborsi, penculikan anak, pembunuhan sampai konflik dalam masyarakat. Sebagai indikator kekuatan ketahanan keluarga harus ditandai dengan kuatnya ketahanan ekonomi, pendidikan, akhlak atau agama serta keharmonisan hubungan anggota keluarga yang baik.

Dinas Sosial Provinsi Riau melalui Seksi Pemberdayaan Perorangan dan Keluarga melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelola Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) se Provinsi Riau pada 29 s/d 30 Oktober 2018 di Hotel Mutiara Merdeka dan diikuti 25 peserta, 24 dari unsur pengurus LK3 se Kabupaten/ Kota dan 1 orang Pekerja Sosial Dinas Sosial Provinsi Riau.

LK3 sebagai “Center Link” dalam penyelenggaraan pelayanan konsultasi sebagai Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial sangat dipengaruhi oleh tingkat profesionalitas tenaga pengurus dan tim profesi dalam pemberian konsultasi, advokasi, pendampingan bagi keluarga yang mengalami masalah psikososial. Hal ini harus didukung dengan tingkat pengetahuan yang terampil dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, memiliki kode etik sebagai seorang tenaga konsultan serta memiliki keterampilan dibidang praktek pekerjaan sosial dan pembaharuan dalam masyarakat karena hal ini merupakan salah satu indikator terwujudnya Indonesia Sejahtera.

Saat membuka acara Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Dahrius Husin menghimbau LK3 yang hadir untuk dapat lebih meningkatkan gaung LK3 di tengah-tengah masyarakat agar masyarakat lebih mengenal LK3 dan menjadikan LK3 sebagai tempat menemukan solusi permasalahan kesejahteraan keluarga. Beliau meambahkan dalam rangka mengatasi masalah sosial keluarga dan menjawab kebutuhan sosial masyarakat, maka kita harus menunjukkan soliditas dan kekompakan sebagai jajaran pemerintah maupun masyarakat.