close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Percepat Program Three Zeros, Dinkes Riau Latih Petugas Pelayanan PDP

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4726
Rabu, 21 Nov 2018

    Sebanyak 30 orang peserta mengikuti acara workshop pengambilan sampel DBS (Dried Blood Spot) untuk pemeriksaan EID (Early Infant Diagnostic) Bagi Petugas Layanan PDP dan Pertemuan Penguatan Manajemen Peningkatan Rujukan Pemeriksaan Lab Pasien di Provinsi Riau Tahun 2018 di Hotel Prime Park Pekanbaru, pada 7-9 November 2018.

Banyaknya kasus HIV yang terjadi, lebih dari 90 % kasus anak terinfeksi HIV ditularkan melalui proses penularan dari ibu. Jumlah perempuan yang terinfeksi HIV dari tahun ke tahun semakin meningkat, seiring dengan meningkatnya jumlah laki-laki yang melakukan hubungan seksual tidak aman yang dapat menularkan pada pasangannya. Oleh sebab itu, pemerintah telah menetapkan strategi Fast Track atau pendekatan 90-90-90 untuk mempercepat capaian program HIV yaitu Three Zeros yaitu menemukan 90% dari perkiraan ODHA yang ada melalui tes HIV, mengobati 90% ODHA yang ditemukan, dan memastikan 90% dari ODHA yang diobati.

Salah satu target yang harus dicapai dalam penanggulangan HIV adalah pemeriksaan viral load (VL) dalam rangka monitoring melalui pembentukan jejaring rujukan di 96 kab/kota kelompok C yang ada di 25 Provinsi. Dalam pelaksanaannya, alat VL digunakan juga untuk diagnosa dini HIV pada bayi usia < 18 bulan.

Bagi pasien dewasa terduga HIV, sampel darah darat dicek langsung di fasilitas kesehatan terdekat, namun untuk bayi, sampel darah akan dikirim dari RS kab/kota ke RS Tarakan Jakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Acara yang dibuka oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, H.M.Ridwan, SKM,M.Kes mengatakan pertemuan ini sangat penting agar petugas dapat memahami dengan baik tentang pemeriksaan EID dan laboratorium pasien HIV, serta mengharapkan komitmen dari masing-masing peserta agar dapat mengimplementasikan ditempat masing-masing.