close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Capaian Program Suplementasi Rendah, Dinkes Riau Dan NI Lakukan Review Program

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4730
Rabu, 21 Nov 2018

Selasa, 13 November 2018, Nutritions International (NI) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengadakan Pertemuan Review Meeting Program Suplementasi TTD (Tablet Tambah Darah) Ibu Hamil dan Remaja Putri.

            Pertemuan ini dibuka langsung oleh Kadinkes Riau, Dra. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM. Acara yang dihadiri oleh Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Riau, IBI, Kemenag, Kepala Seksi dan Pemegang Program Kesehatan Keluarga Dan Gizi Dinas Kesehatan Kab/Kota, TP-PKK, Aisiyah, Nutritions International, Yayasan Siklus Indonesia Sehat, dan Dinas Kesehatan Provinsi Riau ini diadakan di Hotel Pangeran Pekanbaru.

            Dalam pembukaannya, Kadinkes menuntut komitmen peserta yang hadir untuk dapat menjalin kerjasama dan koordinasi yang baik antar lintas program maupun lintas sektor terkait permasalahan suplementasi TTD bagi ibu hamil dan remaja putri.

            Berdasarkan Riskesdas 2013, persentase nasional ibu hamil yang mengkonsumsi TTD 90 table t sebesar 33.3%. Capaian tersebut meningkat menjadi 38.1% pada Riskesdas 2018. Dari hasil penilaian status gizi (PSG) tahun 2017 di Provinsi Riau, hanya 22% ibu hamil yang telah mendapat minimal 90 TTD selama kehamilan. Selain itu, secara nasional tingkat anemia pada ibu hamil mencapai 48.90%.

            Dari hasil diatas, dapat diketahui bahwa capaian program suplementasi TTD pada ibu hamil masih rendah. Untuk itu, Dinkes Riau dan NI meninjau alokasi anggaran lokal TTD program ibu hamil, mengidentifikasi permasalahan dilapangan, memeriksa ketersedian tablet TTD yang ada di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kab/Kota dan gudang Puskesmas, serta mengidentifikasi permasalahan pendistribusian tablet.