close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dinsos Riau Siap Salurkan Sumbangan Minuman Izaura Dari PTP Riau Bagi Korban Banjir

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4850
Rabu, 26 Des 2018

Pekanbaru, Dinsos-MC. Pejabat Tinggi Pratama (PTP) di lingkungan Pemprov Riau menyumbangkan 100 kotak minuman kesehatan Izaura kepada korban bencana banjir. Sumbangan diserahkan langsung oleh Kepala Badan Pembangunan Daerah (Bappeda), Rahmad Rahim melalui Kadis Sosial Riau Dahrius Husin pada Apel pagi, Jum’at (14/12/18) di halaman kantor Dinas Sosial Provinsi Riau.

Pada kesempatan ini Kepala Bappeda menyampaikan bahwa ini bentuk dari kepedulian PTP Pemprov kepada korban banjir yang melanda beberapa daerah di Provinsi Riau. Menurut beliau minuman kesehatan ini baru tahap awal dan juga ada bantuan lainnya berupa pakaian dan makanan.

Rahmad Rahim menjelaskan kenapa memilih minuman kesehatan ini yang sumbangkan, karena beberapa masyarakat korban banjir sudah ada yang terkena penyakit dan kekurangan minuman air bersih, karena air bersih didaerah itu bersumber dari sumur gali dan sumur dalam dan itu sudah tertutup banjir. “Oleh sebab itu kami berinisiatif menyumbangkan air yang sehat dan menyehatkan, Izaura, yang memiliki PH tinggi,” kata Rahmad Rahim.

“Insya Allah dengan minuman yang sehat ini bisa menyehatkan masyarakat. Karena susahnya air bersih di daerah yang terkena banjir. Mudah-mudahan bantuan ini akan berlanjut lagi, untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena banjir,” ungkap Rahmad Rahim.

Kadis Sosial Darius Husin, menyambut baik sumbangan yang diberikan oleh beberapa OPD di lingkungan Pemprov Riau kepada korban bencana banjir. Beliau menambahklan amanah ini akan segera kita sampaikan kepada masyarakat dengan mengirimkan ke posko-posko yang ada dibeberapa daerah. “Masyarakat  memang membutuhkan minuman sehat dan bersih”, ujar Kadis Sosial.

Ada beberapa OPD yang ikut membantu korban banjir dengan menyumbangkan minuman Izaura, Bappeda Riau, Dinas Sosial, Dinas ESDM, Pariwisata, Dishub, Dinkes, Setwan, Kesbangpol, Disdukcapil, Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas PMD, Humas Setda, RSUD Arifin Achmad, Dinas Kelautan dan Perikanan, Balitbang dan Dispora, BKD, BPSDM dan DPMPTSP.

Pada Apel pagi ini Kadis Sosial juga menyampaikan ada 6 Kabupaten Kota yang terkena banjir, dan yang terparah  berada di Kabupaten Kampar, karena dampak dibukanya spillway PLTA Koto Panjang. 

“Jumlah warga yang terkena dampak banjir cukup banyak dan Dinas Sosial  telah menyalurkan bantuan baik berupa makan, minuman, tenda-tenda, selimut dan yang lainnya. Dinas Sosial juga mengerahkan Tim TAGANA (Taruna Siaga Bencana) serta menyediakan Dapur Umum untuk masyarakat yang terkena bencana banjir” tambah beliau.