close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Sebanyak 48 Pejabat Fungsional Penyuluh Kesmas Dan Adminkes Ikuti Diklat Di Bapelkes

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4914
Jum'at, 25 Jan 2019

Senin, 21 Januari 2019, IAKMI ( Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengadakan Pelatihan Pengangkatan Pertama Jabatan Fungsional Penyuluh Kesehatan Masyarakat Jenjang Ahli Dan Pelatihan Pengangkatan Pertama Jabatan Fungsional Administrator Kesehatan di UPT Balai Pelatihan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

            Sebanyak 48 orang yang terdiri dari 31 orang Adminkes dan 17 orang Penyuluh Kesmas yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat, Kepulauan Riau dan Riau mengikuti pelatihan ini dimulai sejak tanggal 21 Januari 2019 hingga 30 Januari 2019 mendatang.

            Narasumber pelatihan berasal dari Kementrian Kesehatan, Widyaiswara, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau, serta Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

            Drs. Dedi Parlaungan tampak hadir membuka pelatihan tersebut mewakili Kadinkes Riau. Dalam pembukaannya Kabid Kesmas mengharapkan para pejabat fungsional yang telah dilatih nantinya dapat bekerja sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

            Penyuluh Kesehatan Masyarakat  mempunyai tugas pokok untuk melaksanakan Advokasi,Pembinaan Suasana, dan Gerakan Pemberdayaan Masyarakat, melakukan Penyebarluasan Informasi, membuat Rancangan Media, melakukan Pengkajian/Penelitian Perilaku Masyarakat yang berhubungan denagan kesehatan, serta merencanakan intervensi dalam rangka pengembangan perilaku masyarakat yang mendukung kesehatan.

            Sedangkan administrator kesehatan bertugas untuk melakukan analisis kebijakan di bidang administrasi pelayanan, perijinan, akreditasi dan sertifikasi program-program pembangunan kesehatan di lingkungan instansi kesehatan.