close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dinas Kesehatan Provinsi Riau Lakukan Pemutakhiran Data SDM Kesehatan Tingkat Provinsi

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4936
Senin, 25 Feb 2019

Sumber Daya Manusia Kesehatan sebagai salah satu program prioritas Kementerian Kesehatan sehingga memberikan fokus penting pada pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia kesehatan guna menjamin ketersediaan, pendistribusian dan peningkatan kualitas mutu sumber daya manusia (SDM) kesehatan.

Pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia kesehatan meliputi perencanaan kebutuhan SDM kesehatan, pengadaan yang meliputi pendidikan dan pelatihan SDM, pendayagunaan, termasuk peningkatan kesejahteraannya dan pembinaan serta pengawasan mutu SDM kesehatan. Sasaran tersebut akan tercapai apabila meningkatnya ketersediaan dan mutu sumber daya manusia kesehatan sesuai dengan standar pelayanan kesehatan.

Untuk rekonsiliasi data SDM Kesehatan atau Kabupaten/Kota seluruh Provinsi Riau. Rabu, (20/02/2019). Dinas Kesehatan Provinsi Riau lakukan Pemutakhiran Data SDM Kesehatan dengan 12 Kabupaten/Kota  bertempat di Hotel Grand Zuri Pekanbaru.

Dinas Kesehatan Provinsi Riau mempunyai sasaran kegiatan meningkatkan dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya pada program pengembangan dan pemberdayaan SDM kesehatan, dengan salah satu indikator untuk melihat perkembangan kegiatan dimaksud adalah jumlah dokumen data dan informasi program informasi program pengembangan dan pemberdayaan SDM kesehatan.

Pertemuan ini diharapkan seluruh Kabupaten/Kota dapat menyelesaikan penyusunan dokumen tersebut sebagai produk pengelolaan data dan informasi SDM kesehatan diwilayahnya. Dengan demikian 12 Kabupaten/Kota  di Provinsi Riau dapat melakukan rekonsiliasi data SDM Kesehatan wilayah Puskesmas yang ada dimasing-masing Kabupaten/Kota saat ini berjumlah 227 Puskemas.

Dan hasil rekonsiliasi data SDMK diwilayah Kabupaten/Kota dan Provinsi akan menjadi masukan terhadap pemutakhiran data SDM Kesehatan secara nasional yang disimpan dalam bank data SDMK Nasional dan dipublikasikan melalui website Kementerian Kesehatan dan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan.