close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Auditorium Ismail Suko Dan Wan Ghalib Diresmikan

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-501
Minggu, 25 Jan 2015

PEKANBARU (RP) - Pemerintah Provinsi Riau menambah perbendaharaan ruangan bersejarah dengan nama Auditorium Ismail Suko dan Auditorium Wan Ghalib.

   Ini dilakukan untuk mengenang jasa para tokoh Riau yang telah berkontribusi mendukung pembangunan dan pengembangan daerah. Dua ruangan tersebut ditempatkan di Kantor Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provinsi Riau.

   Dua tempat itu dinilai memiliki historis dengan dua nama tokoh politik, demokrasi dan pembangunan itu.

   Hal itu diungkapkan Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP melalui staf ahli bidang sumber daya manusia, Dr M Yafiz di sela-sela peresmian auditorium di Puswil Soeman HS, Senin (21/2).

   Menurutnya, pemberian nama itu juga berperan dalam memotivasi seluruh masyarakat dan generasi muda. Sehingga komitmen mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud.

   ‘’Perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat, perpustakaan sebagai ajang pelestarian budaya dan pengembangan budaya membaca. Dengan auditorium ini, diharapkan dapat menambah perbendaharaan ruang bersejarah di Riau,’’ papar mantan Kadisbun Riau itu.

   Dia mengucapkan terima kasih atas perjuangan para tokoh Riau tersebut, sehingga Riau bisa terus berkembang seperti saat ini. ‘’Saya berpesan kepada pengelola pustaka dan auditorium untuk terus berprestasi dan meningkatkan pelayanan. Budayakan gemar membaca pada masyarakat,’’ harapnya.

   Kepala Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provinsi Riau, Rizka Utama mengatakan penunjukan dua nama itu dilakukan dengan berbagai pertimbangan.

   ‘’Berbagai kejadian sejarah terjadi di gedung ini. Untuk itu, kami perlu dimemorikan. Selain itu, juga untuk mengenang jasa para tokoh Riau,’’ ulas mantan Kepala Biro Tata Pemerintahan Setdaporv Riau itu.

  Dalam kesempatan itu juga di-launching pojok koleksi buku-buku koleksi H Ismail Suko. ‘’Kami sadar masih banyak tokoh yang perlu diabadikan namanya. Ini momentum untuk mengingat jasa mereka. Tentunya, itu dilakukan secara bertahap,’’ harap Rizka.

  H Roslaini Ismail Suko mewakili keluarga besar H Ismail Suko mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas terselenggaranya acara tersebut.

Hal senada diungkapkan H Wan Maufia mewakili keluarga besar H Wan Ghalib.‘’Penghargaan ini merupakan kebanggaan bagi keluarga besar kami. Semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat,’’ terangnya.

  Anak almarhum, H Ismail Suko sekaligus istri Gubernur Riau, Septina Primawati Rusli menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Riau atas diresmikannya auditorium tersebut.

  ‘’Dulunya ayahanda lama berkantor di sini sebelum menjadi perpustakaan. Beliau cukup lama menjadi Sekwan. Beliau juga pernah memberikan gebrakan pristiwa demokrasi di Riau. Untuk itu, terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan,’’ imbuh Septina.