close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Aksi Program Kerja (POKJA PUG) Di Provinsi Riau Tahun 2019 Tahap II

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5116
Selasa, 17 Sep 2019

Selasa 10 September 2019 bertempat di Hotel Grand Zuri, Pekanbaru, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau mengadakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Rencana Aksi POKJA PUG Tahun 2019 Tahap II. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau Dra.T.Hidayati Effiza, MM menyampaikan Perencanaan dan Penganggaran tersebut haruslah saling terkait dan terintegrasi agar mampu mengatasi kesenjangan gender yang diukur dari bagaimana akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat pembangunan dapat dirasakan baik oleh perempuan, laki-laki, anak perempuan dan anak laki-laki, kelompok yang berkebutuhan khusus serta kelompok masyarakat rentan lainnya seperti Lansia, penyandang disabilitas dan berkebutuhan khusus.

Hal ini tentunya juga sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia dalam pencapaian target SDG’s 2030. SDG’s secara tegas menetapkan prinsip no one left behind. Hal ini berarti akan membawa konsekuensi bahwa hasil pembangunan di setiap Negara harus dapat memastikan bahwa semua kelompok masyarakat mulai dari laki-laki, perempuan, anak, disabilitas, lansia, dan kelompok lainnya terlibat dan merasakan manfaat pembangunan.

Pada target/goal’s ke-5 dari SDG’s secara jelas dan tegas menyebutkan pentingnya setiap Negara menempatkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan menjadi salah satu goal’s yang akan dicapai.

Peserta Pelatihan berjumlah 70 orang yang terdiri dari unsur Perencana Pokja OPD Driver/Penggerak  Provinsi dan Kab/Kota yang berlangsung selama 2 hari dengan menghadirikan Narasumber Staff Ahli Manteri PPPA  Bidang Penanggulangan Kemiskinan  Titi Eko Rahayu, SE, MAP, Narasumber Teknis Rinusa, SE,ME,  Narasumber  Bappeda Provinsi Riau Tuti Rahmawati, SP,M.KM, M.Med.Sc

Adapun agenda dari pelaksanaan kegiatan ini lebih menitikberatkan strategi PUG dapat menjadi roda penggerak pencapaian target tersebut yang ditingkat daerah diimplementasikan melalui Pelembagaan PUG dan Perumusan Rencana Aksi Daerah (RAD) PUG sebagai dasar/baseline yang harus disusun sebagai platform pelaksanaan PUG baik ditingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.


Image title

Image title

Sumber Bidang Pemberdayaan Perempuan