close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

PERMUDAH LANSIA DALAM BEROBAT, RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU RESMIKAN PELAYANAN GERIATRI

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5187
Kamis, 01 Jan 1970

Pemotongan Pita dalam peresmian pelayanan Geriatri di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau didampingi oleh Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dan Ketua Umum PERGEMI Pusat.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat sekaligus mempermudah pasien khususnya lanjut Usia (Lansia) dalam menerima pelayanan kesehatan, Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. H. Nuzelly Husnedi, MARS meresmikan pelayanan Geriatri. Peresmian pelayanan Geriatri ini digelar pada hari Sabtu Pagi tanggal 21 Desember 2019 di Ruang Serbaguna Gedung Utama RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Turut hadir dalam peresmian ini Sekretaris Daerah Provinsi Riau Drs. Yan Prana Jaya Indra Rasyhid, M.Si, Ketua Umum Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) Pusat Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD K-Ger, M.Epid, Dewan Pengawas RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Ketua Pergemi Cabang Riau, serta perwakilan dari seluruh rumah sakit yang ada di Provinsi Riau.

Pada peresmian ini dalam sambutannya Direktur menyampaikan pelayanan Geriatri merupakan wujud dari budaya pelayanan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yaitu “Layani Pasien Bagaikan Ibu”. Geriatri adalah sebuah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari keadaan – keadaan fisiologis dan penyakit – penyakit yang berhubungan dengan pasien lanjut usia dengan multi penyakit atau gangguan akibat terjadinya penurunan fungsi organ, psikologi, sosial, ekonomi, dan lingkungan. Oleh karena itu, penanganan pada pasien Geriatri membutuhkan pelayanan kesehatan yang dilakukan secara terpadu dengan menggunakan pendekatan Multi Disiplin yang bekerja secara Inter Disiplin. Dengan adanya pelayanan Geriatri ini, pasien – pasien lansia yang dinyatakan sebagai Geriatri akan menjadi Pasien Premium (pasien yang diutamakan) di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Dengan menjadi pasien Premium sangat memudahkan pasien Geriatri dalam berobat karena dalam pelayanan Geriatri pelayananlah yang akan mendatangi pasien serta diutamakan.  

Sekretaris Daerah Provinsi Riau yang dalam hal ini mewakili Gubernur Riau menyampaikan mengingat saat ini belum ada pelayanan Geriatri di rumah sakit di Provinsi Riau, Beliau sangat mengapresiasi peresmian pelayanan Geriatri di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Semoga pelayanan Geriatri ini dapat terus berkembang dan dapat menjadikan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau menjadi rujukan bagi masyarakat terutama masyarakat yang berusia lanjut.

Image title

Pelayanan Geriatri RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yang berlokasi di Gedung Utama
RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau