close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Soft Launching Samsat Online

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-565
Selasa, 21 Apr 2015

Pekanbaru – Terhitung hari ini, Selasa 21 April 2015, program Samsat Online sudah mulai diberlakukan di beberapa UPT/UP. Layanan terbaru untuk wajib pajak dalam hal pembayaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) untuk pengesahan satu tahun ini, dihadirkan sebagai peningkatan pelayanan dalam rangka pencapaian target penerimaan daerah sebagai modal utama pembangunan.

Untuk tahap awal, pelayanan samsat Online ini hanya bisa dilakukan di beberapa UPT/UP yang datanya sudah tersentralisasi. Menurut Kasi Pengembangan Sistem Informasi Dipenda Provinsi Riau, Randy Dio Lesmana, secara bertahap pelayanan Samsat Online ini akan bisa dinikmati oleh seluruh wajib pajak di Provinsi Riau.

“hari ini kita mulai lakukan untuk beberapa UPT/UP saja. Tapi kedepannya layanan terbaru ini akan segera bisa dinikmati oleh seluruh wajib pajak,” katanya.

Pelayanan Samsat Online tahap awal ini akan berjalan selama dua minggu. Setelah itu, tepatnya tanggal 4 Mei 2015, Samsat Online akan dilaunching untuk seluruh UPT/UP di Provinsi Riau.

”selama dua minggu ini, staff ahli IT akan kami distribusikan ke daerah-daerah dimana sistemnya masih menggunakan pola distributiv dan nantinya semua server akan kami hubungkan ke data center yang ada di UPT Selatan.” lanjutnya.

Samsat Online sebagai layanan terbaru yang dihadirkan oleh Dipenda Provinsi Riau ini diharapkan mampu melayani para wajib pajak yang sering terkendala dalam hal tempat pembayaran. Nantinya, setiap wajib pajak dapat melakukan pembayaran pajaknya di setiap UPT/UP yang berada di seluruh Provinsi Riau.