close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

MUSDA IPI Riau Ke X Dan Seminar Nasional Kepustakawanan, Pustakawan Harus Inovatif

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5742
Senin, 31 Jan 2022

Organisasi Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Riau (PD-IPI Riau) periode 2017 s/d 2020 menggelar acara Musyawarah Daerah ke 10 dan Seminar Nasional Kepustakawanan dengan tema “Peran Pustakawanan dalam Transformasi Digital”, bertempat di ruang aula Wan Ghalib Perpustakaan Soeman Hs Provinsi Riau dan juga dibuka secara virtual zoom meeting.  Acara dimulai pukul 09.00 sampai dengan 13.00 wib. MUSDA IPI Riau yang sempat tertunda 1 tahun, Alhamdulillah saat ini bisa terlaksana dengan pemelihan ketua IPI Riau yang baru periode 2022 s/d 2025. Acara diawali dengan laporan Ketua Pelaksana MUSDA yang diwakili oleh wakil ketua Dody Prayitno, S.IP, selanjutnya kata sambutan dari Ketua IPI Riau periode 2017 – 2020 diwakili oleh wakil ketua Dr. Suriani., M.Si. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Pustakawan se Provinsi Riau, Pengurus IPI Kab/Kota Se Riau, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab/Kota Se Provinsi Riau, Pegiat Literasi, Organisasi Perpustakaan, Kepala Sekolah, Dewan Perpustakaan, Penulis, Penerbit buku, Pemerhati Perpustakaan, Pejabat Struktural dilingkungan DIPERSIP Riau dan stake holders terkait juga 100 peserta lainnya yang mengikuti secara virtual zoom meeting. Dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau Dra. Mimi Yuliani Nazir, Apt., MM. Organisasi Profesi Pustakawan Indonesia, khususnya Riau, hendaknya berupaya melakukan perbaikan dan pengembangan layanan terbaiknya bagi kepentingan masyarakat secara terencana dan berkesinambungan, harap Mimi dalam sambutannya.

Ikatan Pustakawan Indonesia dibentuk dengan tujuan: (1) meningkatkan profesionalisme pustakawan indonesia, (2) mengembangakn ilmu perpustakaan, dan informasi, (3)Mengabdikan dan mengamalkan tenaga dan keahlian Pustakawan untuk bangsa dan negara, (4) Memberikan perlindungan profesi kepada anggota. Untuk mencapai tujuan ini diperlukan penajaman pada berbagai program dan kegiatan. Karena kemudian tujuan akan menjadi retorika belaka, jika tidak ditindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan yang sungguh-sungguh bermanfaat bagi profesi Pustakawan, Ilmu Perpustakaan dan bangsa dan Riau Khususnya.

Dalam arahan Wakil Ketua Umum PP IPI Dr. Zulfikar Zen, MA menyampaikan pentingnya Pustakawan dalam bersinergi dan berkolaborasi sesuai perkembangan zaman dimana Pustakawan dituntut mampu bertransformasi digital. Melalui MUSDA ini dipilih ketua IPI periode 2022 sampai dengan 2025 secara polling. Link Polling dikirim melalui chat Whatshap dengan durasi 1 menit. Dengan dua calon yang terpilih yaitu Irwan, SH., M.Si (Pustakawan Madya DIPERSIP Riau) dan Dr. Suriani., M.Si (Pustakawan Madya UIN Susqa Riau). Hasil polling mendapatkan 52 suara atau 57, 14% untuk Suriani dan 39 suara atau 42,86%  atas nama Irwan. Ketua yang terpilih dikukuhkan oleh Wakil Ketua PP IPI Dr. Zulfikar Zen kepada Dr. Suriani. Selamat dan semoga sukses membawa PD IPI Riau 3 tahun kedepan, ujar Zulfikar.

Acara diakhiri dengan seminar nasional kepustakawanan dengan narasumber Dr. Zulfikar Zen, MA dengan tema “Peran Pustakawan dalam Transformasi Digital” dan sesi diskusi dan tanya jawab dari peserta yang hadir tatap muka maupun yang hadir melalui zoom dan youtube. Pustakawan era transformasi digital harus lebih inovatif dan kreatif, pesan Narasumber.


sumber: https://dipersip.riau.go.id/post/kadispersip-riau-buka-acara-musda-ipi-riau-ke-x-dan-seminar-nasional-kepustakawanan