close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

KUNJUNGAN GURU TK DI BILIK TUAN PERPUSTAKAAN SOEMAN HS

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5744
Senin, 31 Jan 2022

Pekanbaru-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau menerima kembali kunjugan guru TK pada hari rabu tanggal 26 januari 2022 secara tatap muka setelah setahun off dikarenakan pandemi covid -19. Kunjungan yang dilakukan oleh guru TK Al – Mahira Rumbai ini bertujuan untuk mendapatkan ilmu cara menumbuhkan minat baca kepada anak TK dan mengenalkan perpustakaan kepada anak TK. Kunjungan ini disambut langsung oleh pustakawan madya (Herayulwita).

Herayulwita(pustakawan madya) menjelaskan bahwa pentingnya pengenalan perpustakaan dan minat baca dari sejak dini. Seperti yang kita lihat bahwa masyarakat indonesia dalam membaca dan menulis masih terbilang rendah. Melihat kondisi ini sangat memprihatinkan. Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia ini makin menyebabkan kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia juga hanya jalan ditempat dan cenderung mundur. Berdasarkan beberapa penelitian, penyebab rendahnya budaya baca ini karena masyarakat Indonesia lebih suka menonton televis, mendengarkan radio dan bergelut pada dunia maya dibandingkan membaca buku. Bila kondisi ini terus berlangsung dan tidak diantisipasi sejak dini, maka kedepannya kita tidak bisa berharap banyak pada mutu dan kualitas Sumber Daya Manusia.

Kondisi ini jelas bertolak belakang dengan harapan pendiri bangsa yang menginginkan masyarakat Indonesia yang cerdas sebagaimana tertuang dalam pembukaan undang-undang dasar (UUD) 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan diantaranya dengan memotivasi setiap anggota keluarga untuk gemar membaca, mendorong para guru disekolah untuk menekankan pentingnya membaca buku setiap bulan minimal satu buku per bulan. Sebab banyak manfaat yang diperoleh dari membaca yaitu, meningkatkan pengembangan diri, meningkatkan intelegensi, meningkatkan minat dan pemahaman pada suatu bidang ilmu, wawasan semakin luas dan lebih beradab. Herayulwita (pustakawan madya) disini juga mengajak para guru untuk aktif dan mengikuti perkembangan zaman.


sumber: https://dipersip.riau.go.id/post/perpustakaan-soeman-hs-menerima-kunjungan-guru-tk-di-bilik-puan