close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

DISABILITAS TIDAK MEMBATASI YOGI BERKUNJUNG KE DIPERSIP DAN BERBAGI PENGALAMAN

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5754
Senin, 07 Feb 2022

Pekanbaru- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kedatangan putra daerah yang dengan keterbatasannya dia mampu menunjukkan kalau dia bisa. Yogi datang disambut oleh pustakawan madya (Herayulwita) atau yg biasa disapa bunda hera. Dikunjungannya ini bunda hera meminta yogi bercerita tentang semangatnya mengembangkan hobbynya. Bunda hera juga mengenang awal pertemuannya dengan yogi “ kalau saya pertama kali ketemu waktu itu disalah satu sekolah kab. siak, kala itu sekolah tersebut sedang mengadakan lomba bertutur atau lomba mendongeng. Yogi datang ke sekolah itu untuk mengikuti lomba, tetapi ketika ditanyakan ke pihak panitia yogi bukanlah salah satu peserta lomba”. Bunda hera langsung bilang kepihak panitia untuk memberi kesempatan, sejak dari itu yogi sangat senang keperpustakaan untuk bertemu bunda hera, dan yogi datang dengan tujuan mengembangkan hobbynya dari membaca, tutur bunda hera.

Yogi juga menjelaskan dengan isyrat tangannya kalau dia hobby melukis sejak dari kecil dan senang berpantonim. Dulunya jika pergi bersama orang tuanya yogi kerap kali meminta dibelikan alat menggambar kepada orang tuanya. Dari situ mamanya berfikir kelebihan yogi yaitu melukis. Yogi juga bercerita kalau dia mendapatkan beasiswa dari kab.siak untuk bersekolah ke SLB Pekanbaru kemudian melanjutkan ke SMA yogyakarta. Selamat sekolah di yogyakarta yogi sering mengikuti perlombaan-perlombaan.

Yogi juga melanjutkan sekolahnya kejenjang kuliah diisntitut kesenian yogyakarta. Yogi kuliah seperti orang biasa dengan didampingi kakaknya Ica sebagai penyambung komunikasi yogi dengan dosen dan teman-teman kampus yang lain sampe semester dua. Hingga tamat yogi bisa menyesuaikan tanpa didampingi kakaknya. Yogipun lulus dengan predikat cumlaude tuturnya, yang diterjemahkan oleh bunda hera selaku pustakawan madya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau.

sumber: https://dipersip.riau.go.id/post/yogi-si-disabilitas-berkunjung-kedipersip-dan-berbagi-pengalamannya