close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Jelita Riau Yang Ditaja Dipersip Dengan Tema Peran PKK Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5784
Selasa, 22 Feb 2022

Pekanbaru- Dipersip Riau Kembali Lagi menayangkan program pemerintah provinsi riau yaitu Jelita edisi riau lite dengan tema peran PKK dalam meningkatkan ekonomi keluarga. Yang langsung disiarkan dari lantai 4 ruang audio visual perpustakaan soeman Hs. 

Pada acara ini Ketua Tim Penggerak (TP) Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Riau Misnarni Syamsuar melalui Sekretaris TP PKK Riau, Erlina Khairul menambahkan bahwa PKK memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian dalam keluarga.

Erlina mengungkapkan, banyak upaya yang bisa dilakukan oleh ibu-ibu di rumah untuk membantu ekonomi keluarga. Namun tugas utamanya sebagai ibu rumah tangga tetap bisa dijalankan dengan baik, yaitu dengan melakukan usaha dari rumah.

Untuk itu kepemimpinan TP PKK Riau khususnya di Pokja II, terus memberikan keterampilan kepada ibu-ibu PKK di Provinsi Riau untuk meningkatkan kreativitas dalam menghasilkan produk yang bisa dijual.

“PKK sangat berperan dalam meningkat ekonomi keluarga dengan tetap di rumah saja tapi bisa mendapatkan penghasilan tambahan,” katanya, dalam talkshow bersama Jendela Literasi Inspirasi Kita (JELITA) Riau yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Riau, Kamis (17/2/22) .

Sekretaris TP PKK Riau ini menjelaskan, hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99 tahun 2017 tentang gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 36 tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan Perpres nomor 99 tahun 2017.

pemberdayaan keluarga yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat menjadi salah satu tolok ukur dalam pembangunan yang perlu prioritas penanganan secara terencana, terpadu, terstruktur, merata, dan berkualitas yang bersendikan kearifan lokal melalui Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

“Terdapat 10 program pokok PKK, di antaranya penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pendidikan dan keterampilan, pengembangan hidup berkoperasi, sandang, pangan, perumahan, kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat,” tulisnya.

Erlina menambahkan, PKK berupaya menggerakkan keluarga dalam peningkatan kualitas ekonomi keluarga, pembinaan keluarga dalam pelaksanaan dan pengembangan kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga PKK.

Selanjutnya, mendorong pembentukan koperasi oleh Kelompok Khusus Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK dan mengembangkan kreativitas melalui mikro kecil dan menengah berbasis teknologi informasi.

Ia mengungkapkan, terdapat beberapa strategi isu untuk dalam upaya meningkatkan ekonomi keluarga melalui PKK, yakni masih rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia dalam tingkat pendidikan dan pengelolaan ekonomi keluarga, permasalahan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Selanjutnya juga dilakukan pengembangan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K PKK) dengan membentuk Toko PKK (baik secara fisik maupun digital, mengembangkan UP2K dan melakukan pembinaan UP2K.

Ruang lingkup lainnya adalah pembentukan atau pengembangan koperasi dengan membentuk Koperasi PKK, mengembangkan Koperasi PKK dan melakukan pembinaan Koperasi PKK, tutupnya.

Bunda herayulwita pun menambahkan Sekarang program unggulan dari TP PKK pusat pertama-tama sekali disebutkan disana adalah peningkatan minat baca keluarga, jadi di PKK provinsi sudah ada program-program bagai mana peningkatan minat baca itu dilaksanakan di PKK, jelas TP PKK wajib menjalin kerja sama dengan pihak-pihak lain yang erat hubungannya dengan minat baca itu bisa di tingkatkan, terutama dengan perpustakaan Desa, Taman bacaan masyarakat, PKK memiliki perpustakaan pendengarnya dan tidak memiliki tenaga ahlinya bagai kampanye mana, sosialisasi dapat dilakukan.

Pendidikan itu ada Secara formal didalam rumah tangga, Formal artinya pendidikan TK,SD,SMP,SMA Sderajat dan Non Formal artinya Lembaga pendidikan yang lain contohnya tempat-tempat kursus dan juga perpustakaan termasuk lembaga pendidikan Non Formal itu sendiri.

kedepannya PKK akan bersinergi dengan Dinas Perpustakaan dan kearsipan provinsi riau dengan target meningkatkan indeks minat baca masyarakat,ucapnya.

Close statment yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau di ruang zoom meeting, Mimi Yuliani Nazir menyampaikan bahwa kolaborasi dipersip dengan PKK mampu meningkatkan taraf ekonomi keluarga. Menjadikan bahan bacaan sebagai peluang peningkatan ekonomi, tutupnya.

sumber; https://dipersip.riau.go.id/post/jelita-riau-yang-ditaja-dipersip-dengan-tema-peran-pkk-dalam-meningkatkan-ekonomi-keluarga