close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

SIARAN PERS: MENPAREKRAF: KEBIJAKAN BEBAS KARANTINA DAN VOA HADIRKAN OPTIMISME BARU KEBANGKITAN EKONOMI

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5836
Kamis, 31 Mar 2022

Jakarta, 28 Maret 2022 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi  Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin  Uno, mengatakan kebijakan yang diambil pemerintah dalam memberlakukan  bebas karantina terhadap Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) ke Bali,  Batam, dan Bintan dan kemudian diperluas ke 7 pintu masuk di Indonesia,  memberikan dampak yang positif terhadap tingkat kunjungan wisatawan  mancanegara (wisman).

Dampak tersebut juga  diperkuat dengan layanan Visa On Arrival (VOA) khusus wisata yang  diberikan pemerintah kepada PPLN dari 42 negara ke Bali serta Batam dan  Bintan.

"Ini  adalah kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Dan Alhamdulillah tidak memicu peningkatan kasus COVID-19," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam "Weekly Press Briefing" yang dilaksanakan  secara hybrid dari Gedung Sapta Pesona, Senin (28/3/2022). 

Pemerintah sendiri berencana memperluas fasilitas VOA ke beberapa entry point lain  di Indonesia. Seperti Bandar Udara Kualanamu Medan, Soekarno-Hatta  Tangerang-Banten, Juanda Surabaya, Sultan Hasanuddin Makassar dan Sam  Ratulangi Manado. 

Namun Menparekraf memastikan  rencana tersebut akan dilakukan secara bertahap dengan melihat data-data  yang ada. Khususnya dalam penanganan pandemi COVID-19 yang saat ini  terus membaik serta penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin  yang juga terus meningkat.

"Kami melihat bahwa  jumlah kunjungan wisatawan mancanegara meningkat dan perluasan visa on  arrival ini akan bertahap bertingkat dan berkelanjutan," kata  Menparekraf. 

"Tentunya ini menjadi satu  optimisme baru, momentum kebangkitan ekonomi kita dan bisa membuka  peluang usaha dan lapangan kerja," ujar Menparekraf.

Deputi  Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya,  menjelaskan, kemudahan memasuki wilayah Indonesia memang memberikan  dampak yang besar pada tingkat kunjungan wisatawan mancanegara. 

Saat  ini, kata Nia, pengguna terbesar layanan VOA khusus wisata adalah  wisman dari negara-negara seperti Australia, Singapura, Amerika Serikat,  Prancis, dan Inggris.

"Jadi bisa dibilang kalau berdasarkan data sebelum pandemi, mereka adalah negara-negara yang spending-nya di atas rata-rata," kata Nia Niscaya. 

Revisi Target Kunjungan Wisman 

Meski  saat ini tingkat kunjungan wisatawan mancanegara sudah menunjukkan  peningkatan, Menparekraf Sandiaga Uno menegaskan bahwa belum ada rencana  revisi terhadap target kunjungan wisatawan mancanegara di sepanjang tahun 2022. 

Sebelumnya Kemenparekraf/Baparekraf  menargetkan tingkat kunjungan wisman tahun ini antara 1,8 juta - 3,6  juta wisatawan mancanegara. Sementara untuk wisatawan nusantara,  Kemenparekraf/Baparekraf menargetkan hingga 500 juta  pergerakan/perjalanan.

"Per  hari ini belum ada revisi, tapi kami terus pantau secara detail.  Pertengahan tahun kami akan melakukan rakor, kami akan lakukan revisi  kalau memang dirasa perlu," kata Sandiaga. 

"Yang  menjadi fokus kita saat ini adalah penciptaan situasi dan kondisi dimana  kita akan bangkit. Kita persiapkan juga regulasi, kebijakan yang tepat  saraan, tepat manfaat, dan tepat waktu. Pada saat nanti memang dapat  dilakukan revisi, harus bisa dipastikan bahwa revisi yang achievable dan sustainable," kata Sandiaga. 

Turut  hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi  Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela  Tanoesoedibjo; Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani; serta seluruh pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf.

I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Sumber : kemenparekraf.go.id


Baca Juga : Siaran Pers: Menparekraf Bertemu KADIN Bahas Pengembangan Kawasan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia

Baca Juga : Disbudpar Pekanbaru: Tidak Ada Penyelenggaraan Petang Megang Tahun Ini

LIVE Launching Kalender Event Pariwisata Riau dan Anugerah Pariwisata Riau 2022


Rangkuman Launching Kalender Event Pariwisata Riau 2022 dengan Tema Riuh Riau


------------------------------

Ikuti Official Account Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Youtube Channel : Pariwisata Riau

Instagram : Pariwisata.Riau

Twitter : @Disparriau

Website  : pariwisata.riau.go.id

Destinasi Riau ?  : Jemari Playstore | Jemari App Store


#pariwisatariau

#keriauaja

#rindukeriau

#riauthehomelandofmelayu

#wonderfullindonesia