close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

DP3AP2KB SOSIALISASI TENTANG PARTISIPASI PEREMPUAN DIBIDANG POLITIK, HUKUM, SOSIAL DAN EKONOMI

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5888
Kamis, 02 Jun 2022

Pekanbaru – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Riau melalui Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender mengadakan kegiatan Sosialisasi tentang Partisipasi Perempuan Dalam Politik, Hukum, Sosial Dan Ekonomi Kewenangan Provinsi. Pelatihan manageman kewirausaan khusunya bagi organisasi perempuan di Provinsi Riau, yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari di hotel Furaya pekanbaru, 30 s/d 31 Mei 2022.

Data Statistik Tahun 2020 Provinsi Riau menunjukan bahwa Indeks Pemberdayaan Gender 68.70 % sedangkan Nasional 75.57 % artinya Pemberdayaan Perempuan di Provinsi Riau masih tertinggal. Indeks Pemberdayaan Perempuan sendiri memiliki 3 indikator pengukur yaitu Keterlibatan Perempuan di Parlemen, Perempuan sebagai Tenaga Manajerial, Profesional, Administrasi, Teknisi lalu Sumbangan Pendapatan Perempuan. Dari tiga komponen pendukukung indikator diatas yang masih tertinggal dari angka Nasional yaitu keterlibatan Perempuan di Parlemen dan Sumbangan Pendapatan Perempuan. Keterlibatan Perempuan di Parlemen Provinsi Riau 18.46 % sedangkan Nasional 21.09 %, dan Sumbangan Pendapatan Perempuan Provinsi Riau baru mencapai 28.31 % sementara pencapaian Nasional sebesar 37.26 %. Capaian Provinsi Riau yang masih rendah dari capaian Nasional maka untuk itu diperlukan kebijakan peningkatan.

Melihat dari hal tersebut DP3AP2KB melakukan pelatihan dalam rangka pembinaan managemen perempuan dalam meningkatkan ekonomi rumah tangga. Dengan pengelolaan yang baik demi meningkatkan ketahan ekonomi keluarga di masayarakat. Agar dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam mengelola usaha serta meningkatkan semangat jiwa wirausaha kaum peremuan yang berdampak untuk meningkatkan sumbangan pendapatan perempuan yang mana merupakan salah satu indikator dalam meningkatkan Indek Pemberdayaan Gender (IDG) di Provinsi Riau

Didalam sambutanya Ibu Kepala Dinas P3AP2KB yang di wakili oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender Ibu Dra. Devi Rusanti, MM dalam sambutannya berpesan agar para peserta mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh sehingga hasil dari pelatihan menjadikan ibu-ibu dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan, keterampilan para perempuan kepala rumah tangga organisasi masyarakat dan perempuan pra sejahtera terkait managerial usaha yang yang berhubungan dengan produksi, pemasaran, pembukaan dan promosi sehingga dalam menjalankan usaha lebih berkualitas, berwirausaha dengan serius dan berkelanjutan.

Dalam kegiatan ini diikuti oleh peserta sebanyak 25 Orang yang berasal dari unsur keterwakilan organisasi yang bergerak di bidang ekonomi, perempuan kepala keluarga dan perempuan pra sejahtera kabupaten/kota se Provinsi Riau. Menghadirkan pemateri terdiri dari Ketua Pokja II TP. PKK Provinsi Riau ibu Hj. Herayulwita, Ibu Yuke Cinantya dari Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia (PPJI) Provinsi, Bapak Julianda Pratama dari Gojek Indonesia, Bapak Arif Rahman Hakim dari Bank Rakyat Indonesia, dan Ibu Alfa Noni dari Caraka.

Image title

Sumber: PPID DinasP3AP2KB Provinsi Riau