close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Percepat Penurunan Stunting, Pemprov Riau Perkuat Kemitraan Lintas Sektor Dalam Pelaksanaan Program KKBPK/Bangga Kencana

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5899
Senin, 13 Jun 2022

PEKANBARU [DP3AP2KB] – Program Kependudukan Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) atau yang saat ini disebut dengan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Kelurga Berencana (Bangga Kencana) merupakan program yang berfokus dan menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan yang mengarahkan bagaimana keluarga mempunyai rencana berkeluarga, mempunyai anak, mempunyai pendidik dan sebagainya sehingga terbentuk keluarga yang berkualitas.

Mengingat penting dan strategisnya program ini, terutama dalam mendukung percepatan penurunan Stunting yang telah menjadi isu nasional, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas P3AP2KB melaksanakan kegiatan Pertemuan Pelaksanaan Advokasi dan KIE Program KKBPK/Bangga Kencana Melalui Mitra Kerja Tahun 2022 di Hotel Furaya Pekanbaru,Kamis (09/06/2022).

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Drs H Masyrul Kasmy M.Si yang membuka kegiatan mewakili Gubernur Riau ini menyampaikan bahwa terdapat 3 aspek yang harus dilaksanakan untuk mewujudkan KKBPK/Bangga Kencana yaitu Aspek Keluarga yang terdiri dari bagaimana membina keluarga balita dan anak, bagaimana membina keluarga remaja dan juga lansia.

Selanjutnya Aspek Kependudukan yang diukur dari bagaimana grand desain kependudukan serta pelaksanaan pembangunan yang sangat dipengaruhi oleh jumlah penduduk yang ada.

“Terakhir Aspek Keluarga Berencana, dimana dalam keluarga berencana kita tidak hanya bicara masalah alat kontrasepsi seperti suntik, pil, kondom saja tetapi juga mencakup bagaimana kesehatan reproduksi bias dijaga”, ujarnya.

Sehubungan dengan telah ditetapkannya Stunting sebagai prioritas nasional dengan target penurunan mencapai 14 persen ditahun 2024, program KKBPK atau Bangga Kencana ini bisa menjadi salah satu opsi yang dapat dioptimalkan pemerintah daerah untuk penurunan resiko stunting.

Di Provinsi Riau sendiri menurut Masrul Kasmy program ini sudah berjalan cukup baik, namun masih terdapat beberapa permasalahan dalam kependudukan dan keluarga berencana, terlebih lagi pada saat ini masih adanya acaman pandemi Covid-19.

“Untuk mensukseskan semua hal diatas tentunya perlu dukungan mitra kerja dari berbagai lintas sektor, sehingga program KKBPK atau Bangga Kencana dapat diterima secara luas oleh masyarakat”, ungkapnya.

Hadir sebagai pembicara/narasumber kegiatan yaitu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau dan Koordinator Program Manager Satgas Stunting Provinsi Riau.

Image title

Image title


Sumber : Bidang PPKB Dinas P3AP2KB Provinsi Riau