close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

KEPALA DINAS DP3AP2KB BUKA SECARA RESMI LAUCHING AKADEMI PARADIGTA INDONESIA (API)

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5900
Senin, 13 Jun 2022

PEKANBARU – Bertempat di Aula Kelurahan Muara Fajar Timur Kecamatan Rumbai Barat, Senin (6/6/2022), Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) Riau sebagai lembaga swadaya yang concern pada isu perempuan, melakukan launching sekolah perempuan yang disebut API (Akademi Paradigta Indonesia). 

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau, H Fariza SH MH ini dihadiri juga Kepala Dinas P3APM Kota Pekanbaru, Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau Ade Hartati, serta perangkat Kecamatan Rumbai Barat, Kelurahan Muara Fajar Timur dan Kelurahan Muara Fajar Barat.

Akademi ini nantinya diharapkan mampu memberi kontribusi lebih dalam pembangunan, khususnya pada sektor pemberdayaan kaum perempuan karena masalah perempuan dan juga anak itu menurut Hj Fariza sangatlah kompleks.

“Perlu komitmen, sinergi dan kolaborasi dari seluruh pihak agar tercipta pembangunan yang adil dan merata karena pada hakekatnya sasaran program pemberdayaan perempuan diarahkan untuk mengembangkan potensi yang akan ada pada perempuan sehingga memungkin dirinya untuk memperoleh hak serta dapat memanfaatkan kesempatan yang sama dengan laki-laki terhadap sumberdaya pembangunan”, ujar Hj Fariza dalam sambutannya.

Program API ini sudah dilakukan PPSW Riau sebelumnya di Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Kampar. Pada tahun 2022 kelas API dilakukan pada 2 lokasi di Pekanbaru yaitu Kelurahan Muara Fajar Timur dengan akademia yang berjumlah 30 orang dan Kelurahan Sidomulyo Barat sebanyak 25 orang. 

Peserta kelas API merupakan anggota kelompok perempuan binaan PPSW Riau yang sudah sejak tahun 2015 didampingi, diorganisir dan juga berasal dari ibu-ibu kader yang aktif di masyarakat. Mentor Kelas API adalah 6 orang kader dari kelompok yang sudah diberi pelatihan dan penguatan kapasitas baik secara online maupun langsung yang dikoordinir oleh seorang koordinator pendidikan dari bagian program PPSW Riau.

Kelas API di kedua wilayah kota Pekanbaru ini di lakukan selama 16 kali pertemuan yang dalam pembelajarannya berisi kurikulum mengenai kepemimpinan perempuan, dimana perempuan bisa menjadi  pemimpin  baik bagi dirinya sendiri, keluarganya dan masyarakat disekitarnya/komunitasnya  untuk melakukan perubahan dan mejadi pembaharu.

Akhir dari pembelajaran kelas ini akan dilakukan wisuda serentak bersama akademia API secara nasional di beberapa lembaga perempuan yang juga memiliki program dan kegiatan API bersama PPSW Riau.

Image title