close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

DP3AP2KB Provinsi Tingkatkan Kualitas Bagi Lansia Di Provinsi Riau

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5930
Kamis, 30 Jun 2022

PEKANBARU–DP3AP2KB Provinsi Riau melalui Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan Khusus Anak (PHPKA) laksanakan Kegiatan Penyediaan Kebutuhan Spesifik bagi Perempuan dalam Situasi Darurat dan Kondisi Khusus Kewenangan Provinsi Tahun 2022 melalui Peningkatan Kualitas Bagi Lansia Perempuan di Provinsi Riau, bertempat di Hotel Furaya selama 3 hari dimulai tanggal 28 sampai dengan 30 Juni 2022.

Lansia merupakan suatu kelompok rentan yang semakin meningkat jumlahnya. Jumlah penduduk lansia di Indonesia lebih didominasi oleh kaum perempuan. Perempuan lebih berpotensi mengalami diskriminasi ganda, baik karena setatus social dan budaya masyarakat sudah terjadi sejak lama

Dalam upaya peningkatan usia harapan hidup masyarakat, salah satunya dengan terpenuhinya hak bagi lansia untuk hidup mandiri dan berperan aktif secara wajar dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau Ibu Hj. Fariza yang berkesempatan hadir sekaligus membuka acara secara resmi, dalam sambutan menyampaikan perhatiannya terhadap lansia dengan berupaya melakukan perlindungan yang responsive gender sebagai suatu model pemberian layanan aksesbilitas berupa kemudahan untuk memperoleh layanan Kesehatan, Pendidikan, ekonomi, social dan mental spiritual yang dibutuhkan bagi perempuan lanjut usai. Hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 24 tahun 2010. Yang mengamanatkan bahwa perempuan lanjut usai mempunya hak sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta berhak atas jaminan social yang memungkinkan pembangunan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat.

Peserta di acara tersebut berjumlah 20 orang, yang merupakan perwakinal dari Lembaga Ada Melau Riau, TP PKK Provinsi Riau, UPT. Panti Social Tresna Werdha Khunul Khotimah, Forum Puspa Riau, BKMT Riau, PUSPAGA Provinsi Riau, dan PUSPAGA Kota Pekanbaru. Adapun pemateri di acara tersebut antara lain dari Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bapak Roni Risdianto Ginting dan dari Perwakilan BKKBN bapak Said Masri, serta moderator oleh Kepala Bidang PHPKA ibu Efia Nurita.

Image title

Sumber : PPID DP3AP2KB Provinsi Riau