close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Kadis Kelautan Dan Perikanan Provinsi Riau Melakukan Sosialisasi Dan Edukasi Gemarikan

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5963
Kamis, 21 Jul 2022

Tingginya angka stunting Kota Dumai dan rendahnya konsumsi ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau lakukan sosialisasi dan edukasi Gemar Makan Ikan (Gemarikan).

Mengambil tempat di Halaman Puskesmas Purnama, kegiatan di ikuti Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau dan Dumai Ir H Herman Mahmud, M.Si., dan Mukhlis Suzantri, S.Hut.T., MT., Kabid P2HKP Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Wiwik Puji Rahayu, S.Pi., M.Si., Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi dan Kota Dumai Hj Leni Ramaini, SKM, Kadis Kesehatan Provinsi, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi, Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi, Kepala Bappeda Litbang Provinsi dan Kota, Kepala Puskesmas Purnama, Lurah Purnama Rusli, Camat Dumai Barat Al Khusaiari, S.Sos., M.Si., anak-anak dan para ibu menyusui, ibu hamil dan remaja perempuan.

Ketua Panitia, Kabid P2HKP Wiwik Puji Rahayu sampaikan, pelaksanaan sosialisasi dan edukasi Gemarikan merupakan pelaksanaan Perpres No 72 Tahun 2021, tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Kadis Herman Mahmud sampaikan "Konsumsi ikan masyarakat Riau 45 Kg/Orang/Tahun. Dumai 44 Kg. Nasional 55 Kg. Dengan acara ini kami mengajak masyarakat Riau, khususnya Dumai agar Gemarikan jadi budaya dalam menu makanan". Herman Mahmud terangkan, pentingnya konsumsi ikan karena mengandung 18% Protein, terdiri dari asam amino esensial yang tidak rusak pada waktu pemasakan. Ada juga Omega 3 (250 Mg/Gr) dan Vitamin A, D, Thiamin, Riboflavin,dan Niacin. Lagi di sampaikan beliau, masalah selera, daya beli dan posisi daerah yang tidak miliki sumber ikan, juga jadi kendala dalam peningkatan konsumsi ikan di Riau.

"Ada korelasi tingkat konsumsi ikan dan kecerdasan manusia. Contoh Jepang, 140 Kg/Orang/Tahun," lanjut pria ramah tersebut. "Ayo makan ikan. Silahkan buat variasi panganan bahan dasar ikan," nasehat beliau khusus bagi wanita, ibu hamil dan pasangan nikah muda. Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Dumai Hj Leni Ramaini berterima kasih kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau dan Dumai."Terimakasih. Angka stunting Kota Dumai 5.000, tersebar di 7 kecamatan. Lewat acara ini bisa jadi referensi bagi perempuan dan anak di Dumai," ujarnya.Istri dari Walikota Paisal berharap, kegiatan tersebut tidak berhenti sampai di sini.

"Silahkan jadi agenda rutin di Dumai Pak," tutup nya.Di tengah acara, Dinas juga bagikan 120 paket olahan perikanan. Ada 4 tahap lagi akan menyusul di kemudian hari.