close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Cegah Bahaya Narkoba Bagi Anak, Forum Anak Riau Gandeng BNNP Riau Ciptakan Generasi Bersinar

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5965
Senin, 25 Jul 2022

PEKANBARU – Narkoba (Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif lainnya) merupakan momok yang menakutkan bagi kalangan orang tua. Tidak hanya pemerintah, isu penyalahgunaan Narkoba kini mulai menjadi perhatian serius generasi muda. Mulai dari kalangan mahasiswa hingga pelajar yang memiliki semangat membangun peradaban bangsa dengan prestasi dan semangat positif.

Forum Anak sebagai pranata yang dibentuk pemerintah secara berjenjang sebagaimana mandat Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 23 Tahun 2022, memiliki semangat menjamin terlindungi dan terpenuhinya hak-hak anak melalui 2 peranan utama yaitu Pelopor dan Pelapor (2P), serta Partisipasi Anak dalam Perencanaan Pembangunan (PAPP).

Menyadari pentingnya peran strategis anak dalam pencegahan penyalahgunaan Narkoba, Forum Anak Riau menyambangi Badan Narkotika Nasional Provinsi Riau, Jum’at (22/7/2022).

“Dari segi kependudukan jumlah anak Riau saat ini sekitar 36 persen yang berarti usia anak menjadi salah satu kelompok dominan yang memiliki kerentanan terjadinya pelanggaran hak dan perlindungannya, termasuk isu narkoba ini,” ungkap Sekretaris Forum Anak Riau asal Kota Pekanbaru, Muhammad Zidan kepada tim media.

Untuk menangkal berbagai isu pelanggaran pemenuhan hak serta perlindungan anak, menurut Zidan perlu kolaborasi yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat sesuai peran dan fungsinya agar tercipta Generasi Bersih Narkoba, atau yang di BNN disebut #BERSINAR.

“Forum Anak dan BNNP Riau memiliki jejaring yang luas sehingga kami rasa akan mampu mensosialisasikan P4GN serta menggelorakan War On Drugs khususnya dikalangan anak secara masif,” tambah Zidan.

Untuk itu dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang di Provinsi Riau prosesi perayaannya akan diselenggarakan pada tanggal 27 Juli 2022 nanti bersama bapak Gubernur Riau, Forum Anak Riau bersama Dinas P3AP2KB Provinsi Riau menjajaki kerjasama dengan BNNP Riau melalui Perjanjian Kerjasama dengan tajuk Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Dalam Layanan Lingkup Tugas Forum Anak Riau.

BNN Provinsi Riau menyambut baik semangat generasi muda yang ingin berkontribusi dalam pencegahan Narkoba. Hal ini sebagaimana disampaikan Koordinator P2M BNNP Riau, Dina Fitriana Lubis saat menerima kunjungan rombongan Forum Anak Riau.

Dilain pihak, Pembina Forum Anak Riau yang diwakili Analis Kebijakan Ahli Muda selaku Sub Koordinator Pemenuhan Hak Anak Atas Identitas, Informasi, Pemanfaatan Waktu Luang, Kegiatan Budaya dan Partisipasi, Dessy Rahmawati berharap dengan adanya jalinan kerjasama ini kedepannya peran Forum Anak Riau sebagai 2P ini bisa membantu BNN dalam melakukan berbagai upaya pencegahan peredaran Narkoba.

Turut hadir pada pertemuan tersebut Sub Koordinator Administrasi dan Sub Koordinator Pemberdayaan Masyarakat dari BNN Provinsi Riau, serta Pengurus Sekretariat Forum Anak Riau yang didampingi dua orang Wakil Koordinator Tim Fasilitator Forum Anak Riau.

Image title

Sumber : KTKPHA