close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Rapat Pendampingan Penyusunan Metadata Statistik Sektoral Kelautan Dan Perikanan Provinsi Riau

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6040
Selasa, 30 Agu 2022

Pekanbaru, Pada Hari Selasa Tanggal 30 Agustus 2022 Bertempat di Ruang Aula Terubuk Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau, diselenggarakan Rapat Pendampingan Penyusunan Metadata Statistik Sektoral Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Diskominfotik sebagai wali data dan Bappedalitbang  mendampingi acara penyusunan ini dan Badan Pusat Statistik Provinsi Riau (BPS) sebagai narasumber yang memberikan penjelasan terkait cara penyusunan metadata ini.

Acara ini dibuka oleh Kepala Bidang Kelautan dan Pengawasan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau (Bpk. Ir. H.  Herimufty, M.Si) dan dihadiri oleh Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Kelautan dan Perikanan, juga dihadiri oleh para validator data.

Hasil dari pertemuan ini Dinas Kelautan dn Perikanan Provinsi Riau akan menyusun empat metadata kegiatan yaitu Pendataan Produksi Perikaan Tangkap, Produksi Perikanan Budidaya, Produksi Perikanan Pengolahan dan Pendataan Kelautan dan Pengawasan.

Metadata adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, atau setidaknya menjadikan suatu informasi mudah untuk dipahami terkait data yang disusun sehingga menyamakan persepsi yang dimaksud. Kegiatan ini sangat memberikan manfaat bagi para validator data pada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau sehingga dapat memahami cara penyusunan metadata yang baik dan benar.